Tips Menulis ala Anis Matta



Campusnesia.co.id – Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sebuah webinar live streaming youtube yang berjudul Bincang Menulis “Menulis Membangun Peradaban” dengan narasumber bapak Anis Matta. Dalam dunia kepenulisan beliau dikenal dengan buku-bukunya tentang politik, dakwah, kepemimpinan dan pengembangan diri. 


Beberapa judul buku populer yang ditulis oleh Ust. Anis Matta diantaranya Menikmati Demokrasi (2002), Model Manusia Muslim: Pesona Abad ke-21 (2002), Membentuk Karakter Cara Islam (2003), Mencari Pahlawan Indonesia (2004), Dari Gerakan Menuju Negara (2006), Integrasi Politik dan Dakwah (2007), Serial Cinta (2008), Delapan Mata Air Kecemerlangan (2009), Momentum Kebangkitan (Kumpulan Pidato) (2014) dan Gelombang Ketiga Indonesia (2014).

Acara berlangsung selama 1,5 jam dengan materi yang padat dan diskusi interaktif yang menarik, akan kami coba rangkum tips menulis ala Anis Matta semoga bisa bermanfaat untuk pembaca Campusnesia yang punya minat yang sama dan bisa segera praktik mengetikan kata demi kata hingga menjadi sebuah tulisan.

1.  Kejujuran
Dalam tulisan yang kita tulisan kita harus paham ada di level mana. Level pertama adalah pengetahuan, level kedua pengalaman dan level ketiga adalah kearifan. Jadi ilmu yang sudah kita amalkan adalah jadi pengalaman dari kombinasi ilmu dan pengalaman itu kita akan mendapatkan  kebijaksanaan. 

Tulisalah apa yang kamu yakini dari kebenaran atau ilmu yang kita jalani, agar apa yang kita tulis memiliki energi dan emosi. Orang tidak ingin membaca seluas apa yang kamu tahu, tetapi ingin mendapatkan kebijaksanaan dari ilmu yang kamu jalani.

2. Titik pertemuan ide dan relevansi
Untuk menentukan sebuah tulisan relevan atau tidak, kita harus tentukan terlebih dahulu tulisan ini untuk siapa. Pesannya untuk apa dan  Apa yang mereka butuhkan sehingga ide kita punya relevansi dalam kehidupan nyata.

3. Makna
Makna yang kita sampaikan harus memiliki dua unsur, kebaruan dan keunikan. Seni menemukan kata yang mewakili makna yang ingin disampaikan. 

Ada pertanyaan menarik dalam sesi interaktif, seorang partisipan bertanya tips agar kita percaya diri ketika mempublikasi tulisan kita.

Ust. Anis Matta memberikan tips, yang harus ditentukan adalah Apa yang baru dari tulisan kita, dan mengapa orang harus membaca tulisan kita. Tips sebelum menulis sebuah tema riset dulu apa saja yang sudah ditulis orang lain dalam tema itu dan apa kontribusi baru kita ketika menulis dalam tema yang sama.

Untuk sobat campusnesia yang ingin menonton video versi rekamannya, silahkan ke channel youtube Anis Matta, klik di sini.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »