Tips Menulis untuk Pemula, Menulis Review Makanan, Buku, FIlm dan Drakor



Campusnesia.co.id - Hai guys apa kabar? bagaimana puasanya? semoga lancar ya. Kita bersua lagi dalam platform Diginote. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman suka duka menulis genre Review.

Ada yang bilang, pekerjaan paling enak adalah menjadi reviewer, melakukan hal yang disukai dan bisa menjadi pekerjaan. Bayangkan makan-makanan enak, jalan-jalan ke berbagai tempat wisata dan menulisnya dalam kata-kata, tapi apakah benar seindah nampaknya? yuk kita bahas.

Benar dan tidak sepenuhnya benar, benar karena memang seru melakukan hal yang disukai, menuangkan pengalaman dalam bentuk tulisan dan bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Tapi sobat juga perlu mencatat bahwa semua butuh effort agar kegaiatan review menjadi bernilai.

Saya coba klasifikasikan dari yang sederhana hingga yang butuh perjuangan dan konsistensi dalam hal menulis review, berikut daftarnya.

1. Review Kuliner
Paling ringan menurut saya, cukup makan dan minum lalu tuliskan apa yang kamu rasakan, enak atau tidak, komposisi bumbunya pas atau tidak, tingkat kematangan tepat atau over, sesuai harganya atau overpriced? tips pastikan dalam keadaan lapar agar lebih bisa menikmati.

2. Review Film
Diurutan berikutnya review film bisa dibilang paling mudah, setidaknya kamu harus meluangkan waktu 2-3 jam untuk menonton filmnya, setelahnya mulai mengulas pengalaman menyaksikan akting para aktornya, sinematografinya, jalan ceritanya dan unsur-unsur lainnya.

3. Review Tempat Wisata
Yang ini pasti butuh tenaga yang lebih, karena harus bepergian ke suatu tempat dan dari sisi waktu pasti bakal butuh meluangkan lebih banyak dari pada pergi ke bioskop menonton film.

4. Review Buku
Kadang, untuk menuntaskan sebuah review buku butuh waktu lebih dari sehari karena harus menamatkan ratusan halaman berisi kalimat dan paragraf. Apalagi jika buku itu berjenis novel.

5. Review TV Series
Poisi paling butuh konsistensi adalah mereview serial tv baik dari hollywood atau drama korea, tahu sendiri minimal sebuah series berisi 12 episode dan hanya tayang 2 kali sepekan bahkan hanya 1 kali dalam seminggu. Kesabaran sangat dibutuhkan.

Oke itu tadi sobat Diginote sharing tentang pengalaman menulis Review dan suka dukanya, buat kamu yang mau baca tulisan saya bisa buka platform Diginote.id atau mungkin suka baca review film dan drama korea klik saja Kpopuler.com. Sampai jumpa.

**Artikel ini telah tayang di platform Diginote.id dengan judul "Suka Duka Menulis Review"

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »