Ingin Mendapatkan 10 Juta Pertama dari Facebook? Ini Caranya



Campusnesia.co.id – Sobat campusnesia di masa pendemi yang mengharuskan kita #dirumahaja jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ya, harus menjaga produktifitas dan menambah ilmu serta skill dalam hal tertentu, pandemi ini membuat manusia beradaptasi salah satunya adalah banyak acara yang diselenggarakan secara online, bisa kita ikuti kapan saja hanya dari rumah bermodal handphone dan kuota internet.

Sabtu, 13 juni 2020 kemarin saya beruntung bisa ikut dalam sebuah webinar bertajuk class online digitalk cara mendapatkan 10 juta pertama dari facebook yang diadakan oleh teman-teman program studi manajemen pemasaran Polines sebagai bagian dari tugas akhir. Pembicaranya pak Arief Eka Atmaja founder webcreator.id agency marketing online.

Facebook aplikasi sosial media besutan mark zuckerberg memang fenomenal, aplikasi pertemanan yang digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga hingga profesional itu kini telah memiliki 2,4 M pengguna aktif di seluruh dunia, 2 kali lipat dari jumlah penduduk china yang “hanya 1,2M” atau gabungan antara jumlah penduduk China dan India,  dan untuk di Indonesia facebook digunakan oleh 120 juta orang berarti separuh dari penduduk indonesia punya akun facebook. 

Jumlah yang banyak ini bisa menjadi peluang sebagai platform marketing yang potensial, selain sambat dan curhat jika digunakan dengan baik, facebook bisa jadi tempat jualan yang hebat.

Saya akan coba rangkum materi yang disampaikan semoga bisa memberi manfaat untuk pembaca campusnesia yang sedang dan atau mau memulai usaha.

Pembicara memulai materi dengan membahas hal sederhana yaitu berapa target produk yang ingin dijual, dengan demikian bisa ditentukan berapa banyak prospek dan traffic yang harus dibuat agar bisa terjadi penjualan. Rumus yang biasa dikenal dari traffic akan tersaring menjadi 1-5% prospek dan tersaring lagi menjadi 5-10 penjualan. Sederhanya jika ingin menjual 10 produk harus bisa mendapat 100 prospek dan 1000 traffic.

Pemilihan facebook sebagai sarana promosi dan jualan juga perlu memperhatikan jenis produk dan segmen pasarnya. Produk dengan kategori “interest” seperti fashion, makanan dan hiburan biasanya lebih tepat sebab pertimbangan orang membeli karena ketertarikan bisa berpotensi lebih sering dibeli. Berbeda dengan produk dengan kategori “demand” seperti obat, rental mobil, bengkel yang hanya dibeli saat dibutuhkan saja.

Menentukan segmen pasar juga penting, kira-kira siapa saja target pasar yang akan disasar dengan harga jual produknya serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk kita.

Nah berdasar pemahaman saya, kunci materi webinar cara mendapatkan 10 juta pertama dari facebook yang saya ikuti kemarin adalah bagaiman cara menaikan traffic facebook kita.
Bisa dimulai dengan memakasimalkan jumlah pertemanan untuk akun personal yang bisa hingga 5000 akun dan membuat akun fanspage untuk bisnis kita agar bisa membuat facebook ads jika diperlukan.

Kunci menaikan traffic dan engagement adalah interaksi, jangan pelit untuk like, komen dan share status teman di beranda facebook kita karena ini berpengaruh dengan traffic.

Berikutnya adalah konten yang menarik dan ter-manage dengan baik, tidak asal membuat status galau atau curhat colongan saja. Khusus dalam hal konten ini pembicara berbagi beberapa tips, diantaranya:

1. Membagi jadwal konten
Minimal sehari 3 kali, pagi siang dan malam hari kayak minum obat saja ya ha ha. Pagi hari bisa diisi dengan posting berbagi kegiatan pribadi atau status inspiratif, siang bisa disi dengan promosi dan malam konten interaktif.

2. Bentuk konten
Contoh misalnya konten interaktif tujuannya menarik orang untuk memberi komentar, like dan komentar. Isi konten bisa berupa pertanyaan, opini, kisah inspiratif, tips, berita atau info dan bisa juga bagi-bagi hadiah atau istilah kerennya give away.

3. Konten activity
Tujuan posting konten ini untuk membangun kepercayaan dan kesan profesional calon customer, misalnya menampilkan proses produksi, menampilkan suasana tempat kerja dan tim atau yang lainnya.

4. Konten promosi
Dalam konten promosi bisa dimasukan aspek kelebihan produk, penawaran khusus yang membuat orang segera membeli (call to action) dan garansi atau jaminan. Hal-hal detail juga harus ditampilkan misal pengiriman, after sale, potongan harga, garansi kerusakan, kebijakan return, testimoni pembeli, dll.


Cara meningkatkan traffic di atas bisa dilakukan secara organik atau iklan berbayar dengan Ads, cara organik memiliki kelebihan Gratis dan memiliki kelemahan berupa lambat dalam hal menaikan traffic, harus konsisten dalam mengupload konten dan tidak bisa menarget audiens. Sedangkan jika berbayar menggunakan facebook ads memiliki kelebihan cepat menaikan traffic, bisa ditarget dan retargetting audiens kelemahannya jelas berbayar.

Pembicara juga menyarankan pemilik usaha harus mempunyai website atau landing page agar lebih mudah memperoleh prospek, karena di web atau landingpage bisa memuat banyak informasi secara terstruktur.

Oke sobat campusnesia itu tadi sedikit rangkuman hasil webinar dengan judul cara mendapatkan 10 juta pertama dari facebook yang saya ikuti tempo hari, bagi yang ingin menyaksikan tayangan ulang versi video, bisa klik di sini
Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »