Cegah Corona, Komunitas Pemuda Weron Galang Dana dan Bagikan Masker untuk Warga



Campusnesia.co.id - Pati Selasa 17 April 2020, telah dilaksanakan pembagian masker kain untuk warga Dukuh Weron Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.

Kegiatan ini merupakan realisasi gerakan 1000 masker kain untuk warga sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus covid19 di Dukuh Weron khususnya dan Desa Tegalharjo umumnya.

Kami menghubungi Nandar penanggung jawab terkait Gerakan 1000 masker untuk warga " 29 maret lalu memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona tiba-tiba saya khawatir dan kepikiran keluarga, tetangga dan saudara-saudara di desa, lalu saya diskusi dengan Mas Harso pemuda dukuh weron bagaimana kalau kita buat program bagi-bagi masker buat warga sebagai edukasi dan upaya pencegahan penyebaran corona" jelasnya.

Untuk dana mereka urunan sesama pemuda dan perantauan serta membuat campaign menerima donasi dari netizen baik berupa uang maupun masker kain di sosial media dan website.

"Awalnya sempat pesimis apakah bakal tercapai target 1000 masker atau tidak, mengingat kondisi seperti ini, plan B jika tidak tercapai target akan dibagi sedapatnya per KK, tapi alhamdulillah setelah seminggu campaign target tercapai, terima kasih para donatur yang baik hatinya" tambah Nandar.

Sementara bapak Harso selaku penanggung jawab di lapangan saat melaksanakan pembagian masker ke setiap RT menyampaikan "terima kasih buat teman-teman Weron di rantau Bekasi, Semarang, dan semua yang sudah berdonasi. Alhamdulillah tercapai target cukup untuk semua warga Weron" 

Gayung bersambut, Kepala Desa Tegalharjo bapak Ahmad Pandoyo, setelah sebelumnya telah menggelar penyemprotan disinfektan untuk sekolah, tempat ibadah, dan rumah warga, membuat posko penanganan covid, mengeluarkan Maklumat Kepala Desa terkait penanganan corona, dan juga membuat program masker gratis untuk warganya dengan target 5.000 masker.

Lewat status facebook beliau Rabu 7 April pukul 13.40 WIB telah terhimpun 4.250 masker dan berterima kasih atas antusiasme warganya dalam gotong royong ini.

Dalam situasi seperti ini, upaya pencegahan dan memutus rantai penularan virus covid 19 memang hanya akan berhasil jika dilakukan secara bersama-sama, gotong royong antar elemen masyarakat.

Selain mengikuti semua petunjuk dan himbauan pemerintah pusat, inisiatif yang bersifat kearifan lokal warga dan masyarakat juga sangat diperlukan seperti contoh di atas. 

penulis: Mumun
editor: Muna
foto: Suharso

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »