7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Produktif Selama #dirumahaja

9:00:00 PM


Campusnesia.co.id - Sudah hampir 3 pekan sejak pertengahan maret diberlakukan himbauan #dirumahaja sebagai salah satu upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Salah satu tantangan terbesar adalah menjaga agar tetap sehat, bahagia, tidak bosan dan tentu saja produktif. 

Bukan bermaksud menakut-nakuti tetapi sebagai pengingat bersama berdasar perkembangan secara global, kondisi ini belum menunjulkan akan membaik dalam waktu dekat.

Itu berarti anjuran tetap di rumah, belajar di rumah, kerja dari rumah mungkin akan lebih lama dari perkiraan kita.

So, menjawab pertanyaan bagaimana cara agar tetap produktif? Kami coba berbagi tips yang semoga saja bermanfaat. Yuk simak daftarnya.

1. Bekerja dan Belajar
Buat kamu karyawan dengan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, cara terbaik tetap produktif tentu saja dengan melakukan pekerjaan dari kantor, merasa bosan? Coba bandingkan dengan mereka yang tidak punya keistimewaan bisa bekerja dari rumah, jadi syukuri aja.

Untuk sobat pelajar dan mahasiswa, cara tetap produktif adalab dengan belajar sesuai anjuran sekolah atau kampus, ikuti kelas online, kerjakan tugas tepat waktu, jangan ditunda agar tidak keteteran.

2. DIY
Masih ingat tren Do It Yourself (DIY)? dari memasak hingga membuat pernak-pernik, mungkin ini saatnya eksperimen dan mencoba aneka tutorial DIY itu, biar menambah semangat kamu bisa share prakaryamu di grup whatsapp atau sosial media.

3. Bersih-bersih
Salah satu alasan yang sering muncul kenapa menunda bersih-bersih adalah karena sibuk tidak ada waktu luang. Nah ini saat yang tepat isi waktu dengan bersih-bersih kamar kos, rumah, halaman, berkebun atau menanam bungan depan rumah. Pilihan menghabiskan waktu yang produktif kan?

4. Baca Buku
Berapa banyak yang sudah kamu baca selama #dirumahaja ? Ayo perbanyak baca buku, apapun yang kamu suka, novel, buku pelajaran, pengembangan diri, agama atau sekedar majalah tak masalah. Sekali lagi biar jadi lebih menarik share pengalaman membacamu.

5. Menulis Buku
Nah, salah satu kegiatan yang layak dicoba, menulis buku, bisa dikirim ke penerbit atau terbitkan saja secara mandiri dengan format PDF bagikan ke teman terdekat. 

Menulis bisa jadi sarana Healing, menuangkan uneg-uneg dan berbagi pengalaman, inspirasi dan ide dengan orang lain.

Tantangan terbesar dalam menulis adalah penundaan, jadi mulai aja dulu, tutup matamu mulai ketik kata demi kata di note HP atau laptopmu dan masalah editing pikir belakangan.

6. Menonton
Hah serius? Menonton masuk daftar kegiatan produktif? Bisa iya bisa tidak. Fungsi utamanya memang untuk mencari hiburan, tapi kamu juga bisa menjadikanya kegiatan produktif? Caranya?

Share pengalaman menontonmu jadi tulisan, bagikan di sosmed, grup wa atau blog bagi yang punya.

Atau kalau mau lebih serius, kamu bisa mengirim review nonton film atau drama korea ke Kpopuler.com kirim saja ke email: Kpopulernews@gmail.com jika layak, tulisanmu akan dipublish dengan mencantumkan namamu.

Apakah ada bayarannya? Mohon maaf sementara hanya publikasi dan ucapan terima kasih :).

7. Bermain Boardgame
Iya ini waktu yang tepat berkumpul berana keluarga dan mulai bercengkrama, tapi ingat tetap jaga jarak. Broadgame atau permainan papan bisa jadi solusi biar gak selalu main gadget terus.

Ular tangga, uno, monopoli, catur, jengga bisa jasi pilihan. Atau yang suka main yugioh juga bisa.

Itu tadi sobat Campusnesia, 7 Tips Tetap Produktif selama di rumah saja. Kalau kamu apa yang kamu lalukan agar tetap produktif? Share di kolom komentar ya. 

Jangan lupa jaga kesehatan, rajin cuci tangan, jaga jarak, jika terpaksa keluar pastikan mengenakan masker.

Tetap sehat tetap semangat, sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »