Ingin Menang Lomba Esai dan LKTI? SImak 5 Tips Berikut Ini

5:57:00 AM


Campusnesia.co.id -- Hai sobat campusnesia apa kabar nih? kalian termasuk pelajar atau mahasiswa yang suka ikut kompetisi LKTI gak sih? iya LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) ajang lomba menulis gagasan dengan tema tertentu yang biasanya diadakan oleh Sekolah, Himpunan Mahasiswa, BEM bahkan kampus.

Namanya lomba sudah pasti ada kompetisi dan bukan hal yang mudah untuk bisa menang, tapi tenang saja, kali ini Campusnesia berkolaborasi dengan seorang mahasiswa dari UNNES Khorido Hdayat yang sudah malang melintang di dunia LKTI untuk berbagi 5 Hal yang Mesti Kamu Lakukan agar Enggak Kalah Terus di LKTI.

ads



Konten ini merupakan cuplikan dari Podcast Khoridho Hidayat yang bisa kamu dengarkan di Spotify dengan nama akun Gagal Nyantri. Apa saja tipsnya? yuk simak.

1. Cari Lomba yang Skalanya Kecil
Namanya lomba makin sedikit peserta dan cakupan luasnya maka peluang untuk bisa lolos dan menang pasti lebih besar. Memilih tingkat LKTI dari yang rendah misal tingkat Himpunan Mahasiswa, bukan merendahkan tetapi sebagai pemula kita juga perlu mengasah kemampuan kita dilevel yang mudah dulu.

2. Buat Stok EsaiJadikan waktumu lebih produktif dengan menulis esai saat tidak sibuk oleh aktifitas sekolah atau kuliah. Misal saat liburan yang biasanya hanya gabut dan mager, dengan membuat banyak stok esai suatu saat jika ada lomba dengan tema yang sama tinggal dikutkan saja.

3. Presentasi yang Menyakinkan
Setelah lolos sampai tahap seleksi, Presentasi adalah tahap yang menentukan. Dihadapan para juri harus bisa menarik perhatian dan memukau tanpa mengurangi esensi dari gagasan yang disampaikan. Jangan lupa menambahkan data-data yang relevan. Oh ya menyebut nama juri juga bisa jadi salah satu solusi biar lebih mendapat attention.

Masih ada 2 tips lagi yang gak kalah penting biar sobat Campusnesia  bisa menang lomba esai atau LKTI, untuk selengkapnya klik saja tombol play di bawah ini.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »