Deretan Animasi Asli Indonesia yang Membanggakan

9:20:00 AM



Campusnesia.co.id -- Animasi atau film kartun baik yang 2D dan 3D selama ini didominasi oleh produksi Hollywood seperti Disney, Pixar atau jepang dengan Animenya. 

Tapi beberapa tahun terakhir banyak bermunculan animasi selain dari Hollywood dan Jepang, sebut saja India dengan Bima dan Krisna, atau Malaysia dengan Upin-ipin dan Boy-boy.

Indonesia juga gak kalah lho guys, dalam beberapa tahun terkahir lahir karakter-karakter animasi dalam bentuk film pendek, serial hingga layar lebar yang kualitasnya bisa di adu. Apa saja mari kita simak.

1. Battle of Surabaya
Film animasi 2D, bergenre drama, aksi dan sejarah Indonesia produksi MSV Pictures. Karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif, tetapi berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945. Trailer film ini telah meraih beberapa penghargaan, diantaranya Most People's Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013 dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

2. Adit Sopo Jarwo
Dari kualitas animasinya smooth tidak kalah dengan upin-ipin. Produksi dari MD Animation, pernah tayang di Trans Tv, MNC Tv dan Global Tv. Dalam beberapa episode pernah kolaborasi dengan tokoh-tokoh nasional bahkan grup idol seperti cherybell.

3. Keluarga Somat
Serial animasi yang diproduksi oleh Dreamtoon Animation Studios. Serial Animasi Keluarga Somat mengangkat cerita kehidupan Keluarga Indonesia yang penuh dengan makna,dan segala kesederhanaan serta kelucuan dari masing-masing karakter yang unik. Serial Animasi Keluarga Somat ditayangkan di Indosiar . Serial Keluarga Somat telah meraih penghargaan sebagai Program Animasi Terbaik dalam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2015 ( KPI Award 2015) dan Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2017 ( KPI Award 2017).

4. Knight Kriss 
Diproduseri oleh artis Deddy Corbuzer dan diproduksi oleh Viva Fantasia dan SSS Pictures. Salah satu proyek ambisius dengan budget puluhan milyar. Tayang dibioskop pada tahun 2017.

5. Si Juki the Movie
Diangkat dari karakter komik si Juki, tayang perdana pada tanggal 28 Desember 2017 dan diangkat dari komik Si Juki. Si Juki the Movie berkisah tentang petualangan Si Juki dan kawan-kawan melakukan misi penyelamatan dari bencana meteor. Ceritanya dibuat oleh pembuat komik Si Juki, Faza Ibnu Ubaidillah alias Faza Meonk. Si Juki The Movie juga akan menghadirkan sejumlah aktor Indonesia sebagai pengisi suara.

6. Nussa 
Diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions tayang rutin di channel Youtube sejak 20 November 2018 episode pertamanya hingga artikel ini ditulis sudah ditonton sebanyak 32 juta kali. Dan Channelnya telah disubcribe lebih dari 4 juta.

Tahun depan akan dibuat versi film layar lebarnya, mari kita tunggu aksi Nussa dan Rara di bioskop.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »