Biografi dan 8 Fakta Nadiem Makarim, Pendiri Gojek yang kini jadi Menteri Pendidikan

10:21:00 AM



Campusnesia.co.id -- Nadiem Makarim dikenal sebagai pendiri aplikasi Ride Sharing Gojek. Aplikasi ojek online yang berkembang menjadi super app dengan berbagai layanan seperti pemesanan makanan, kirim barang, isi pulsa hingga dompet digital GO-Pay. Sebagai startup Gojek masuk kategori Decacorn dengan valuasi sekitar 147 T.

Penasaran dengan sosok Nadiem Makarim? Berikut Biografi dan beberapa fakta tentangnya. Yuk simak.

1. Lahir di Singapura
Terlahir di Singapura, 4 Juli 1984. Ia memiliki ayah bernama Nono Anwar Makarim yang berasal dari Minangkabau yang berprofesi sebagai pengacara dan penulis dan ibu bernama Atika Algadrie keturunan Arab yang bekerja di bidang non-profit. Ia memiliki dua saudara perempuan.

2. Keluarga
Istri Nadiem Makarim bernama Franka Franklin, mereka menikah pada tahun 2014 yang lalu. Dari pernikahannya ini, Nadiem makarim mempunyai anak bernama Solara Franklin Makarim.

3. Pendidikan
Menempuh pendidikan SD di Jakarta, kemudian ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown University, Amerika Serikat.

Dan selama setahun, ia mengikuti program foreign exchange di London School of Economics. Ia juga melanjutkan studinya di Harvard Business School, Harvard University dan lulus dengan menyandang gelar MBA (Master Business Of Administration).

4. Pekerjaan
Ia diketahui pernah bekerja di sebuah perusahaan Mckinsey & Company sebuah konsultan ternama di Jakarta dan menghabiskan masa selama tiga tahun bekerja disana. Diketahui pula ia pernah bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation officer kartuku.

5. Mendirikan Gojek
Pada tahun 2011, GO-JEK sebagai perusahaan resmi didirikan oleh Nadiem Makarim yang kemudian menjabat sebagai CEO GO-JEK. Awal berdiri Gojek, Nadiem mempunyai 20 driver gojek. Dan sistem yang ditawarkan yakni via telepon call center. Dimana pelanggan menghubungi langsung call center untuk mendapatkan driver terdekat.

Pada waktu itu, jumlah karyawan gojek masih sangat terbatas dan drivernya pun juga masih sangat terbatas. Namun keyakinan dari Nadiem Makarim akan perusahaannya membuat Gojek bisa bertahan hingga melaju pesat beberapa tahun berikutnya.

6. Daftar Investor Gojek
Dari luar negeri ada Allianz Strategic Investments SARL, Anderson Investment Pte Ltd, Asean China Investment Fund (US) III LP, Gamvest Pte Ltd, Golden Signal Limited, Google Asia Pacific Pte Ltd, KKR Go Investment Pte Ltd, London Residential II SARL, Natural Plus Holdings Limited, OZ GOJ Sculptor Investments SARL dan investor asing lainnya.

Sedangkan investor dalam negeri. Ada saja PT Astra International Tbk, PT Asuransi Jiwa Sequis Life, PT Chandramahkota Prima, PT Global Digital Niaga, PT Northstar Pacific Investasi, PT Sigmantara Alfindo, PT Union Sampoerna, PT Radianx Capital LP dan lainya

7. Gojek dan Status Startup Decacorn
Setelah menjadi startup Unicorn bersama Tokopedia dan Bukalapak dengan valuasi di atas 1 T, kini gojek juga sudah menjadi startup Decacorn yaitu startup dengab valuasi lebih dari 140 T.

8. Menjadi Menteri Pendidikan
Nadiem Makarim pada Senin 21 Oktober 2019 hadir di Istana Negara memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo dengan mengenakan kemeja putih.

Dalam konferensi persnya, Nadiem mengatakan diminta membantu tugas presiden dan mengumumkan telah mundur dari posisi CEO Gojek.

Rabu, 23 Oktober 2019 dalam pengumuman susunan Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Nadiem Makarim diangkat menjadi Menteri Pendidikan Republik Indonesia masa bakti 2019-2024.

Dengan berita ini, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan Termuda dengan usia 35 tahun.

Penulis: Nandar
Sumber: Biografiku, Kontan dan sumber lainya

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »