6 Alternatif Cara LEGAL Nonton Film dan Drama Korea Favorit Kamu

10:05:00 AM


Campusnesia.co.id -- Menonton film dan serial bisa jadi salah satu pilihan melepas penat setelah belajar atau bekerja. Apalagi jika kamu penggemar film atau serial tv, sebut saja drama korea. 

Hanya saja kadang waktu dan anggaran tak selalu berpihak, maka akhirnya beberapa pilihan cara menikmati film dan serial favorit jadi "dilematis".

Dilema yang saya maksud adalah tentang mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat kita pada "cara legal" menikmati film dan serial favorit.

Jujur, saya pernah menjadi bagian dari golongan yang menonton dari VCD bajakan di rental atau download gratis di situs macam Ganool, Indoxxi, Bioskopkeren, Torrent atau Layarkaca21.

Nah, pertanyaanya bagaimana kita bisa menikmati film dan serial favorit secara legal dengan meminimalisir biaya? Saya akan berbagi beberapa alternatif yang pernah saya coba, semoga bisa jadi tambahan referensi.

1. Bioskop
Tidak setiap bulan saya ke bioskop, biasanya khusus film-film yang bener-bener ingin tahu dan menikmati pertana di layar lebar. Caranya adalah menyisihkan uang penghasilan untuk pergi ke bioskop agar tidak ketinggalan dan terlalu terpapar spoiler.

2. Rental CD Original
Ya, mungkin sekarang sudah susah ditemui toko rental CD atau DVD, tapi higga tahun 2014 saya masih menjumpai dan sempet beberapa kali menyewa. Memang lebih mahal tapi secara kualitas gambar tentu lebih bagus dari yang bajakan. Perbandingan harga jika waktu itu harga sewa CD bajakan Rp 2.500 CD asli bisa Rp 10.000. Pesan saya, jangan lupa kembalikan tepat waktu agar tidak kena denda he he.

3. Menunggu Tayang di TV
Selanjutnya adalah menunggu tayang di TV, betul memang harus bersabar tapi demikianlah konsekuensinya. Untuk film indonesia umumnya 6-12 bulan setelah tayang di bioskop sudah bia dinikmati di TV nasional. Tergantung seberapa populer film tersebut. 

4. Aplikasi Video On Demand
Pilihan lain adalah instal aplikasi video on demand sebut saja Hooq, iflix, Maxstream dan Viu.

Jika film bioskop bisa memakan waktu hingga 1 tahun untuk bisa dinikmati lewat TV nasional, di apliaksi video on demand umumnya dalam hitungan bulan dengan "menyewa" atau berlanggan.

Penggemar drama korea, Viu berdasar pengalaman cocok sekali sebagai pilihan. Bisa menikmati gratis (tentu ada iklanya) atau berlanggan agar bisa menonton tanpa terganggu iklan.

5. Youtube
Beberapa film, serial bahkan anime sekarang bisa dinikmati di youtube. Hanya perlu modal kuota internet atau sinyal wifi.

Sebut saja film-film dokumenter, web series yang memang dirilis untuk youtube. Atau anime seperti Gundam Build yang tayang di channel gundam info. Bahkan kamen rider yang baru Zero One juga tayang di youtube.

6. Langganan Channel
Terakhir adalah berlanggan channel dari luar negeri, ada Netflix yang sekarang semakin banyak konten originalnya, HBO, Warner Tv, atau nunggu sebentar lagi Disney+ dengan ribuan koleksinya.

Itu tadi sobat Campusnesia, 6 pilihan Legal menikmati film dan Drama Korea favorit kamu. Sampai jumpa.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »