Daftar Product Placement di Film Gundala

8:51:00 PM


Campusnesia.co.id -- Masih tentang film Gundala, jika di artikel sebelumnya kita membahas tentang kualitas film, jala cerita dan apa yang Wow dari Gundala sebagai pembuka Jagad Sinema Bumi Langit dan Breakdown Kostum Gundala yang membumi, kali ini coba akan kita kupas tentang produk placement dlm film Gundala.

Sebagai informasi untuk sobat Campusnesia, produk placement dalam sebuah film adalah hal yang biasa, salah satu cara marketing produk dan merk yang ikut mendukung produksi film. 

Jika sering nonton drama korea pasti tidak jarang mendapati ada adegan aktor menelpon dengan smart phone samsung, makan di subway atau minum di kedai minuman merk tertentu. Iya itu produk placement.

Tapi tidak jarang pula produk placement jadi bagian yang mencolok mata dan menggau sebuah keseluruhan adegan, standar yang bisa digunakan adalah relevansi sebuah merk atau produk dengan adegan. Contoh buruk produk placement misalnya wafer chololatos dalam film ainun dan habibie, jaman 1998 masak sudah ada chocolatos kan aneh ha ha.

Beda dengan konteks gojek di film Keluarga Cemara, walau aslinya sinetron ini tayang era 90an tetapi dalam remake dibuat dengan tine waktu kekinian, jadi masih bisa diterima akal.

Oke masuk ke film Gundala, ini dia pdaftar produk placementnya:

1. SCTV dan Vidio
Sobat akan menemukan adegan lebih dari sekali, ada berita dari stasiun SCTV tepatnya dalam acara Liputan 6 dan ada anak yang sedang menonton video di smartphone dari situs Vidio.com, wajar emtek grup holding dari SCTV dan Vidio.com terlibat dalam proyek film Gundala, rumah produkai Screen Play adalah rumah produksi yabg biasa membuat FTV SCTV.

2. Bakrie Grup
Saat trailer film Gundala di rilis netijen sudah meributkan scene berita kerusuhan yang ada logo TV One, iya dalam film sobat juga akan menemukan adegan orang membaca berita dari Viva News dan berita dari ANTV, terang saja Viva masuk dalam investor proyek ini.

3. Bank BRI
Sepengamatan saya tampil setidaknya 2 kali, pertama dalam halaman koran tempat sancaka bekerja sebagai sekuriti dan di dinding gedung dengan sudut pandang dari jalan raya.

4. Kereta Api Indonesia?
Saya masih belum bisa mendapat sumber resmi, tetapi sepanjang film banyak sekali adegan di stasiun, gerbong kosong dan kereta yang melaju.

Perlintasan palang pintu kereta api, setidaknya 3 kali nongol. Dan backsound klakson serta laju kereta api yang tidak kalah jarang terdengar.

Saya jadi menduga KAI juga ikut andil dalam film ini. Teori yang mindblowing, ternyata Sancaka adalah nama salah satu Kereta Api milik KAI.

Oke itu dia tadi sobat campusnesia, pembahasan tentang produk placement dalam film gundala yang rapih tapi bikin senyum-senyum saat melihatnya, sebuah strategi marketing yang bagus, jangan lupa nonton filmnya di Bioskop, ayo dukung film Indonesia. Sampai jumpa.

Baca Juga:

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »