Basmi Ulat Sengon, Mahasiswa KKN Undip Latih Warga Buat Pestisida Nabati

5:21:00 AM



Campusnesia.co.id -- Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2019 Desa Sigayam mengadakan kegiatan pelatihan serta edukasi tentang pembuatan pestisida nabati, pada hari Jum’at, 25 Januari 2019 di Dusun Jumbleng Desa Sigayam. 



Pestisida nabati merupakan pestisida berbahan dasar dari tumbuhan yang bersifat ramah lingkungan, karena mudah terurai dan tidak menyebabkan resistensi hama maupun keracunan pada tanaman, serta mudah dibuat. 

Pestisida nabati terbuat dari ekstrak bawang putih, lengkuas, kunyit, dan serai pada umumnya digunakan untuk mengendalikan hama serangga seperti ulat daun, wereng dan semut.



Sebagian masyarakat Desa Sigayam berprofesi sebagai petani sengon dan padi. Dalam bertani banyak kendala yang dihadapi khususnya adalah hama ulat sengon yang menyerang pohon sengon. Upaya sudah banyak dilakukan untuk membasmi hama ulat sengon salah satunya adalah dengan menggunakan pestisida kimia. Akan tetapi, dengan menggunakan pestisida kimia mempengaruhi pertumbuhan pohon sengon. 

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan edukasi dan pelatihan pembuatan pestisida nabati yang terbuat dari bahan alami ini dapat membantu masyarakat Desa Sigayam dalam membasmian hama khususnya hama ulat sengon tanpa adanya efek negatif kepada pohon sengon.

sumber: Tim KKN Desa Sigayam
editor: Nandar
foto: Tim KKN Desa Sigayam


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »