Kue Moho Cemilan Khas Kota Pati

9:56:00 AM


Campusnesia.co.id -- Sobat campusnesia, asih edisi kolaborasi dengan Cahpati.id, kali ini kita akan bahas salah satu kuliner pati yang mungkin banyak yang tidak tahu tapi sejatinya salah satu ikon. Kali ini kita bicara tentang cemilan Kue asli pati yang bernama kue Moho. 

Salah satu keunikan dari cemilan kecil selain proses yang masih sangat tradisional juga bahanya yang sangat sederhana. Kue moho berbahan utama tepung terigu, resep khas asli pati turun temurun. Selain terigu juga menggunakan ragi dari air tape singkong.

Setelah tepung dan air tape dicampur jadilah adonan biang dan biarkan hingga mengembang. Untuk pemanis ditambahkan gula pasir, agar mengembang dan padat saat dikukus ditambahkan soda kue.



Meski sederhana proses pembuatanya, sebelum dikukus harus diujicoba dulu, karena kalau tidak mengembang berarti gagal. 

Kue moho memiliki warna khas merah di bagian atas dan warna lain dibawahnya. Adonan yang sudah jadi di "betot" dan diletakkan di loyang yang dilapisi daun pisang. Pengukusan alami dengan api dan kayu bakar kulit kapuk randu. Tingkat kematangan dengan cara ini lebih cepat dan tepat dibanding dengan kompor.



Kue moho masih jadi primadona sebagai cemilan kue warisan asal pati. karakternya yang khas dari bentuk dan warna yang cantik serta menggugah selera menyatu dala adonan yang legit.

Kue moho bisa bertahan hingga 4 hari, cocok sebagai jajanan aneka acara dan tentu saja oleh-oleh. Oke semono ndisik lur, sampai jumpa dan salam sego gandhul.

Artikel ini telah tayang di Cahpati.id dengan judul "Kue Moho Cemilan Khas Kota Pati", https://cahpatiid.blogspot.com/2017/10/kue-moho-cemilan-khas-kota-pati.html. 
penulis: Nandar
editor: Nandar
gambar: google

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »