Millenial! Siapkan 5 Hal ini Sebelum Masuk Dunia Kerja

12:14:00 AM


Ditulis oleh:
Nur Saudi, ST, MM
HRD Manager PT. Ricobana Abadi

Semenjak lulus dari perkuliahan 13 tahun silam, saya sering diundang oleh Himpunan dan Badan Eksekutif Mahasiswa dari tingkat fakultas hingga universitas, baik di Semarang, Jogja maupun Jakarta.  Kebanyakan topik yang saya bawakan adalah seputar profesional training, gambaran tentang dunia kerja, kiat dan cara untuk menembus dunia kerja dengan lancar serta sukses. Termasuk tahapan-tahapan seleksi dalam penerimaan karyawan dan bagaimana kiat-kiat agar berhasil dalam karir selama bekerja. 

Menjadi lumrah karena pengalaman saya sampai saat ini memang di dunia HRD. Saat ini saya menjadi Manajer HRD PT. Ricobana Abadi, sebuah perusahaan kontraktor pertambangan batubara yang berkembang di Indonesia, setelah sebelumnya di PT. Pamapersada Nusantara yang juga berada di bagian development. Beberapa mahasiswa yang mengikuti ceramah-ceramah saya menanyakan dan menyarankan agar saya menulis sebuah buku tentang topik tersebut di atas.

Walaupun bukunya belum terbit, namun semoga tulisan-tulisan saya pada topik ini bisa menjadi satu bahan bacaan dan diskusi serta pelajaran yang berharga untuk para pembaca, khususnya para mahasiswa yang mau, sedang dan menyelesaikan kuliah serta sedang berjuang untuk masuk dalam dunia profesionalisme. Yup, topik tulisan-tulisan yang saya sampaikan adalah seputar kiat-kiat menembus dunia kerja setelah kuliah saja. Bukan tips menjadi pengusaha atau politikus ketika anda lulus dari bangku kuliah.

Berbicara tentang kiat sukses menembus dunia kerja dan bagaimana agar sukses dalam karir dipekerjaan bagi saya bukan perkara yang persiapannya ketika anda sudah memasuki semester akhir di bangku perkuliahan, bukan hanya anda menguasai kiat dan cara untuk lolos dari interview maupun proses seleksi yang lain. Namun untuk bisa masuk dalam dunia kerja profesional (yang tentunya sesuai dengan ekspektasi), anda bisa bergabung dengan perusahaan yang bonafit yang memberikan jaminan-jaminan kebahagiaan dengan penghasilan, tunjangan-tunjangan yang menarik sampai asuransi dalam kehidupan anda. Untuk bisa masuk perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan harapan anda tersebut, maka persiapan yang harus dilakukan adalah sejak pertama kali anda akan memasuki perkuliahan. 

Ya, anda tidak salah baca, persiapan itu harusnya sudah dilakukan sebelum anda memasuki dunia perkuliahan. Karena dunia profesional itu akan mampu terlewati dengan sukses dan berhasil, selain ditentukan oleh kompetensi anda nantinya, (kommpetensi ini terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan perilaku) namun juga ditentukan oleh passion anda. Passion ini adalah bakat atas kecenderungan anda menyukai sebuah pekerjaan yang ketika anda melakukannya, akan melibatkan seluruh potensi anda dengan maksimal. Karenanya beberapa kali peserta menyampaikan kepada saya, “Pak, saya itu sebenarnya ingin bekerja sebagai wartawan, yang dapat membantu menyampaikan sebuah kejadian atau memberikan informasi yang positif kepada masyarakat, tapi jurusan saya di Teknik Industri”. Itu hanya sebuah kasus saja, bukan berarti lulusan teknik industri tidak bisa menjadi seorang wartawan, bisa, sangat bisa, namun ketika anda memahami kalimat saya diatas, bahwa ketika anda sudah mengetahui sedari awal kalau anda ingin menjadi seorang wartawan, maka harusnya masuk ke fakultas sastra dan bahasa sehingga  lebih cepat dan tepat dalam mengasah bukan hanya passion anda, namun juga kompetensi anda. 

Kemudian barangkali anda berkata, “Kan Pasion ingin menjadi wartawannya baru muncul setelah masuk kuliah pak”. Hehe, tepat, kebanyakan mahasiswa kita, khususnya di Indonesia, passion ini akan muncul setelah kita memasuki dunia kuliah itu. Jangankan anda atau kawan anda yang mengalami kondisi tersebut, saya sendiri juga menjadi pelakunya. Saya lulusan sarjana Teknik Elektro Universitas Diponegoro, dan sekarang menjadi Manajer HRD. Rasanya menjadi tidak nyambung, namun karena passion saya dalam dunia development orang ini saya temukan di perkuliahan, maka ketika selesai kuliah saya ingin sekali bekerja dalam dunia development dan alhamdulillah, tercapai dan saya sangat menikmati pekerjaan ini.

Karena wilayah passion ini menjadi sesuatu yang belum bisa kita pastikan dan tentukan sebelum memasuki dunia perkuliahan, khususnya untuk keumuman masyarakat kita saat ini, saya katakan saat ini, maka passion sebelum kuliah ini akan saya nafikkan dan topik-topik tentang bagaimana kiat menembus dan sukses dalam dunia kerja ini akan saya mulai dari ketika anda memasuki dunia kampus. Bukan ketika anda sudah mau lulus saja dan akan mencari pekerjaan, kenapa? alasannya sangat simple. Jika ingin bekerja setelah lulus nanti maka anda harus melakukan persiapan selama kuliah. Bukan hanya ketika semester akhir, tetapi selama kuliah dan kuliah anda adalah dimulai ketika anda masuk kampus di semester satu. 

Terkadang terjemahan dari kalimat saya di atas ini yang belum dipahami dan dimengerti oleh sebagian besar mahasiswa ketika mereka kuliah. Padahal jika mereka memahami dan mengetahuinya maka mereka akan sudah mempersiapkan kiat-kiat ini sejak semester I. Karenanya semoga dengan tulisan saya kali ini dan tulisan-tulisan selanjutnya akan membantu mengantisipasi mahasiswa-mahasiswa yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan menjadi lebih mempersiapkan diri sejak dini.

Oke, sekarang akan saya sampaikan beberapa topik yang akan saya bahas dalam tulisan ini. Topik kita adalah bagaimana kiat menembus dan sukses karir dalam dunia kerja. Saya akan bagi menjadi 5 bagian dan tema. 

1. Kompetensi Mahasiswa yang Diharapkan Dunia Kerja
Kompetensi yang di harapkan oleh dunia usaha dari mahasiswa yang baru lulus kuliah itu seperti apa. Dengan tema ini, saya akan menyampaikan kepada anda tentang sudut pandang kami selaku manajemen perusahaan jika ingin merekrut karyawan dari mahasiswa yang baru lulus, kami ingin mahasiswa yang seperti apa. Sehingga dengan demikian anda jadi mengetahui hal apa saja yang harus anda kuasai,  pelajari, dan lakukan serta tidak boleh anda lakukan ketika kuliah. Agar syarat-syarat yang saya sampaikan dalam tema ini bisa anda penuhi.

2. Manajemen Diri
Bagaimana memanajemen diri anda ketika anda masuk dalam dunia kampus. Dalam tema ini saya akan menyampaikan kiat-kiat yang bisa anda jadikan referensi agar anda belajar menjadi mahasiswa yang produktif dan efektif setiap waktunya. Bukan hanya dari dimensi waktu dan aktivitas namun juga dari dimensi pemikiran dan kesiapan lahir batin anda. Termasuk dalam tema ini adalah tentang bagaimana anda dapat menentukan kapan, bagaimana dan mengapa anda harus terlibat dalam organisasi-organisasi yang ada dalam dunia perkuliahan yang dapat anda jadikan investasi terbaik selama kuliah, yang hasilnya dapat anda nikmati ketika lulus nanti.

3. Kiat Menghadapi Seleksi Karyawan
Dalam tema ini akan saya sampakan proses dalam seleksi karyawan, kritikal poin yang menjadi tujuan dari setiap tahapannhya serta bagaimana anda dapat mensiasatinya. Mulai dari bagaimana anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang valid, bukan menipu. Bagaimana anda mampu mendapatkan akses pada informasi lowongan pekerjaan yang ada pada perusahaan- perusahaan yang bonafit, perusahaan oil and gas, mining maupun perusahaan BUMN. Bagaimana kiat dalam menghadapai psikotes, jenis dan sasarannya, bagaimana menghadapi interview dengan user anda di perusahaan sampai pada bagaimana kiat-kiat agar anda bisa mempersiapkan diri dalam Medical Check Up.

4. Kiat Menghadapi Masa Percobaan atau Masa Probation 
Lazimnya hampir semua perusahaan menerapkan program ini untuk mahasiswa yang fresh graduate hingga akhirnya diangkat menjadi karyawan. Anda akan di training selama setahun dan nanti di akhir tahun akan dilakukan evaluasi atas kinerja anda. Jika masuk dalam kualifikasi perusahaan, maka anda akan dilanjutkan menjadi karyawan tetap. Namun jika tidak sesuai maka anda akan diputus kontraknya. Termasuk dalam tema ini adalah bagaimana kiat-kiat anda dapat menyesuaikan diri dengan dunia yang baru dari dunia kuliah anda sebelumnya. 

5. Kiat Berhasil dalam Karir Selama menjadi Seorang Karyawan 
Dalam tema ini saya akan menyampaikan pengalaman-pengalaman saya dan pengalaman-pengalaman dari kolega maupun orang-orang yang saya anggap cukup berhasil dan sukses dalam karir mereka di perusahaan. Dinamika yang terjadi di dalam dunia kerja dan bagaimana mengatasinya.

Oke kawans, demikian tulisan pertama saya, yang merupakan sebuah pendahuluan saja dulu. Dan akan saya sambung pada tulisan selanjutnya, tentang tema dan topik-topik yang sudah saya sampaikan di atas.

Tetap semangat, 

Editor: Nandar
Gambar: athtar90.tistory.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »