Buat Kaligrafi Berbahan Gypsum, Mahasiswa Polines Lolos PMW

3:53:00 PM



Campusnesia.co.id -- Dalam memulai usaha atau bisnis, tidak melulu harus berupa ide yang benar-benar baru, kamu hanya cukup sedikit lebih kreatif dan beda dari produk atau jasa yang sudah ada. Ada dua manfaat selain mengurangi unsur trial and error, manfaat berikutnya adalah, setidaknya kita sudah tahu produk dan jasa itu sudah ada pasarnya.

Hal itu yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) Sevty Tri Wijaya, Sari Mulyani, dan Rizky Safitri Handayani ketiganya jurusan administrasi bisnis angkatan 2016, dengan membuat usaha bersama bernama KARASUM kepanjangan dari Kaligrafi Arab Gypsum. Ide usaha ini lolos dan mendapatkan pendanaan dari kampus dalam ajang PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) tahun 2018.

1. Ide Awal
"Ide awalnya, kita melihat peluang pasar kerajinan kaligrafi, tetapi yang sudah ada di pasaran kebanyakan berbahan kaca dan berupa pigura, kami mendapat ide kenapa tidak memanfaatkan seni cetak gypsum agar tidak mainstream" kata Sevty saat ditemui Campusnesia.

2. Desain
Untuk desain ia bersama dua temannya menawarkan desain-desain yang sudah familiar di masyarakat namun ketika cetak di gypsum dan diberi sentuhan warna dengan cat khusus hasilnya menarik dan berbeda dari kaligrafi yang sudah ada.




3. Produksi
Sedangkan untuk produksi, mereka bekerjasama dengan pengrajin yang memang sudah expert dalam mencetak gypsum mengingat bukanlah hal yang mudah prosesnya. Mereka lebih fokus pada mencari ide dan pemasaran. pilihan yang tepat menurut kami sembari berlatih proses produksi dan mencicil membeli alat yang diperlukan.

4. Harga
Dari sisi harga, sangat terjangkau untuk kaligrafi berukuran diameter 20cm hingga 40cm dibandrol dengan harga 25.000 hingga 40.000 rupiah saja. Harga  ini disesuaikan dengan segmentasi yang mereka bidik yaitu mahasiswa dan masyarakat yang butuh hiasan dengan anggaran terbatas.

5. Pemasaran
Saat ditanya tentang pamasaran, sevty menjelaskan mereka memanfaatkan sarana sosial media dan mulut ke mulut selain gratis juga efektif di era digital ini. Jangan lupa follow Instragramnya bro and sis @Karasum.id 

6. Prestasi
Walau masih seumur jagung, bukan berarti belum menuai prestasi, KARASUM bulan november ini mewakili Polines bersama 4 kelompok PMW lainya untuk hadir dalam ajang Expo KMI (kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) di IPB.

Pada bagian akhir wawancara, sevty menyampaikan harapan dan pesanya untuk sesama mahasiswa yang ingin memulai usaha, "jangan takut memulai usaha, jika punya ide, kemauan dan usaha pasti bisa, tetap semangat" tutupnya.

Wah..daebakk.. inspiratif ya sobat Campusnesia, bagaimana dengan kamu sudah punya ide usaha apa? atau mungkin sedang menjalani usaha saat ini? share di kolom komentar ya.

penulis: Nandar
editor: Mumun
foto: Dokumentasi Pribadi KARASUM




Artikel Terkait

Previous
Next Post »