8 Profesi dan Ide Bisnis dari Dunia Tulis Menulis

5:52:00 PM



Campusnesia.co.id -- Sobat suka menulis caption dan stories instagram yang panjang, atau membuat thread di twiiter dan status di facebook? jangan sia-siakan bakat menulismu bisa jadi itu bukan sekedar hobi karena berpotensi menjadi profesi.

Bahkan di era digital ini hobi menulis sobat bisa mendatangkan pundi-pundi. "Tapi saya tidak bisa menulis formal?" tidak mengapa karena belakangan dengan segmentasi pasar pembaca generasi millenial jusnalisme dan buku-buku pun mulai menyesuaikan diri dengan menggunakan bahasa yang kekinian.

Kali ini redaksi mencoba menghadirkan list ide bisnis atau pekerjaan yang bisa sobat tekuni dari dunia tulis menulis, apa saja? yuk simak.

1. Penulis Buku
Urutan pertama dalam list ini redaksi tempatkan profesi Penulis, yup dengan hobi menulismu kamu bisa jadi seorang penulis. Kamu bisa mengirimkan draft tulisanmu ke penerbit yang sesuai, misal novel, buku motivasi atau tentang agama. Di Indonesia banyak sekali penerbit yang menerima tulisan dari masyarakat. Tak perlu ragu karena kamu bukan penulis terkenal, yang penting tulisanya menarik dan layak terbit. 

Bagaimana jika di tolak, coba lagi sampai diterima atau di era digital ini mengapa tidak kamu terbitkan sendiri bukumu, menerima pemesanan sebelum dicetak, ketika ada yang memesan baru dicetak sesuai pesanan (pre order) atau dibuat format soft file (e-book) dan jual secara online.

2. Jurnalis
Poisi berikutkan kami masukan profesi jurnalis, iya kamu yang suka menulis bisa jadi jurnalis. Saat ini selian jurnalis atau wartawan media resmi kamu juga bisa jadi konributor dan menulis untuk media atau situs-situs online. 

3. Editor
Yang satu ini butuh kemampuan menulis di atas rata-rata dan memang sesuai dengan tenggung jawab profesinya, editor harus bisa membuat sebuah tulisan jadilebih emnaik untuk dibaca selain juga tentang benar salah penulisan.

4. Ghost Writer
Menjadi penulis tapi harus siap tidak dicantumkan namamu di hasil tulisanya. Biasanya profesi ini untuk membantu isntitusi, perusahaan atau tokoh yang ingin membuat biografi atau tulisan.

5. Blogger
Di tulisan yang lain redakasi pernah mengupas tentang cara mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger. Hari gini kamu bisa menjadi blogger travel, kuliner atau review produk gadget terbaru.

6. Konten Writer
Menulis untuk orang lain atau perusahaan dengan tema yang sudah ditentukan. Mirip dengan ghost writer mungkin sedikit perbedaanya ghost writer identik dengan buku, tetapi Konten Writer identuk dengan website atau blog orang lain.

7. Penerbit
Biar greget sekalian, profesi ini layak kamu coba, cukup dengan modal tahu mana tulisan dan buku yang potensial laris di pasaran dan kemampuan mengelola bisnis atau minimal bisa jualan kamu sudah bisa jadi penerbit. Mesin cetak? tidak harus punya, kau bisa cetak dipercetakan lain dengan begitu justru biayanya lebih murah dari pada menunggu punyamesin cetak sendiri.

8. Sekolah Menulis
Pelatihan, bimbingan belajar dan sekolah menulis belum banyak di lirik orang, berbeda dengan bimbingan belajar pelajaran umum yang sudah menjamur, ide ini bisa jadi lahan bisnis yang bagus. Syarat utama tentu kamu harus punya kompetensi menulis dan teori-teorinya serta mahir editing. 

Nah itu tadi sobat Campusnesia, artikel tentang 8 Profesi dan Ide Bisnis dari Dunia Tulis Menulis, kamu bisa coba mana yang paling sesuai atau jika ada diantara para pembaca yang sudah menjalani salah satunya bisa berbgai pengalaman di kolo komentar, semoga bermanfaat sampai jumpa.

penulis: Nandar
editor: Mumun 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »