Aksi Semarang Peduli Al-Aqsha Palestina diikuti Ratusan Peserta

3:51:00 PM

Campusnesia.co.id -- Semarang. Jumat 21 juli 2017 Masyarakat Semarang Peduli Al-Aqsha menggelar aksi solidaritas atas penutupan masjid al-aqsha di palestina oleh tentara israel yang terjadi pada tanggal 14 juli 2017 lalu. 

Ratusan peserta memadati jalan pahlawan tepatnya di tugu segitiga yang dulunya adalah tugu air mancur. Acara di isi dengan orasi-orasi yang disampaikan tokoh-tokoh yang hadir dari berbagai elemen masyarakat. Tentang seruan ajakan kepedulian kepada masyarakat pada saudara-saudara sesama muslim di palestina, kecaman terhadap tindakan semena-mena tentara israel yang tidak mencerminkan penghargaan terhadap hak beribadah di masjid al-aqsha.

Selain orasi ada juga kumandang nasyid dan aksi teatrikal yang mengkritik tindakan tentara israel, mengkritik pers, PBB dan desakan kepada pemerintah agar segera menyatakan sikapnya.

Dari pers release yang diterima redaksi, ada lima pernyataan sikap dari masyarakat Semarang Peduli Al-Aqsha Palestina, yaitu:
1. Mengecam penutupan masjid al-aqsha untuk ibadah umat islam, karena masjid al-aqsha adalah salah satu masjid suci ketiga umat islam, maka sebagaimana agama lainya, pemeluk agama isla tidak seharusnya dilarang dalam menjalankan ibadah di masjidnya.

2. Mengutuk tindakan penyerangan sewenang-senang tentara israel terhadap warga palestina yang tidak berperi kemanuasiaan dan berperi keadilan.

3. Mengajak seluruh umat islam untuk bangkit mendukung perjuangan rakyat palestina dalam menjaga tanah air, sebagai warisan para nabi dan senantiasa terus mendoakan disetiap waktu atas perjuangan-perjuangan mereka. bahwa palestina adlah saudara kita, masalah mereka juga masalah kita bersama, luka mereka juga luka kita semua.

4. Menuntut pemerintah Indonesia untuk ikut aktif dalam menjaga perdamaian dunia (sesuai dengan pembukaan UUD 1945) khususnya terkait isu konflik Palestina dan Israel.

5. Mengajak lembaga dan ormas islam dunia dalam melindungi kota suci umat islam Palestina dan Masjid AL Aqsha.

Masyarakat Semarang Peduli Al-Aqsha Palestina kota Semarang terdiri dari FORMIS, IKADI, ACT Semarang, JPRMI, FSLDK Semarang, KAMMI Semarang, ODOJ Semarang, Pesantren Ikhwah Rasul, BAHTERA, BMH, BBI Semarang, Pemuda Muhammadiyah, PPI, Hidayatullah, FKAM, Relindo Semarang, Wisata Ruhani, AShabul Kahfi, MRI Jateng.

penulis: Nandar
foto    : Nandar


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor