Liputan: 5 Hari bersama Indonesian Young Change Maker

6:24:00 AM


Hai sobat Campusnesia, apa kabar? tak terasa kita sudah dipenghujung bulan agustus ya, bagaimana kemarin euforia peringatan 17 agustus di daerahmu? pasti seru kan, jangan lupa sharing ke campusnesia.

Diakhir bulan agustus ini, redaksi campusnesia mendapat kesempatan emas yang tidak semua orang di seluruh Indonesia dapatkan, yaitu berkesempatan mengikuti boothcamp Indoneisan Young Change Maker dengan agenda sekolah sosiopreneur. Acara ini berlangsung selama 5 hari dimulai tanggal 26 sampai tanggal 30 agustus nanti. pelaksanaanya di Jakarta-Bogor-Tangerang dan Depok. Penyelenggara acara ini adalah yaysan sinergi Indonesia yang di dukung oleh PKPU dan ZIS Indosat.



Dalam sambutan pembukaanya bapak Baron selaku ketua panitia menuturkan bahwa peserta yang hadir di jakarta sebanyak 58 orang telah melalui seleksi panjang dari bulan juli dari ratusan pendaftar merakalah yang akhirnya lolos untuk ikut boothcamp. untuk mengikuti seleksi para peserta harus membuat proposal pemberdayaan masyarakat baik yang baru memulai atau start up dan juga yang sudah terlaksana atau grow up. Di lokasi boothcamp redaksi bertemu dengan putra-putri daerah dari Aceh sampai Papua.

Untuk kegiatanya sendiri menurut kak Idzma selaku tim fasilatator menjelaskan bahwa selama 2 hari peserta akan mendapatkan materi tentang sosiopreneur, mapping sosial, teknik fundrising , belajar tentang business model kanvas, financial leterasi, branding dan teknik pitching yang semuanya akan disampaikan oleh para praktisi dan pelaku yang sudah berkecimpung dibidangnya masing-masing.diantaranya adalah ibu Tatiek founder Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor, pak Bambang Suherman dari Dompet Dhuafa, bapak Nur Efendi CEO Rumah Zakat atau RZ dan masih banyak yang lainya.


Di hari ke tiga peserta di bawa untuk berkunjung di derah dan lokasi pemberdayaan masyarakat diantaranya sekolah master indonesia di depok dan zona madina di parung bogor.

Diharapkan setelah mengikuti event ini para sosiopreneur dari seluruh indonesia ini menjadi ujung tombak dan pemberdaya di daerahnya masing-masing serta program pemberdayanya teru-pgrade untuk lebih profesional dan termanajemen dengan baik.

Salah satu peserta dari Riau, Nizam ketika ditemui redaksi meyampaikan betapa bahagianya bisa ikut event ini dan tanggapanya "mantab!", Nizam dan 6 orang temanya rela menempuh perjalanan 6 jam hingga lokasi boothcamp demi ilmu dan pengalaman yang keren ini.



Dari sisi variasi program sosial yang diusung juga beragam ada dibidang ekonomi, pendidikan, penghijauan dan ada juga wisata edukasi. mau tahu serunya perjalanan boothcamp sosioprenuer ini? ikuti terus di campusnesia./AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »