Belajar Sosialpreneur dari Ibu Tatiek Founder Wisata Kampung Bisnis Tegalwaru

11:16:00 PM


Sobat Campusnesia bertemu lagi dengan redaksi masih dalam liputan spesial event Young Change Maker, kali ini redaksi ingin berbagi inspirasi yang kami dapatkan dalam salah satu sesi bersama pembicara yang telah malang-melintang di dunia sosialpreneur. Nama beliau Tatiek Kancaniati warga Tegalwaru Alumni IPB ini merintis sebuah wisata bisnis yang di beri nama Wisata Bisnis Tegalwaru terletak Kampung Tegalwaru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Secara konsep, para wisatawan yang datang berkunjung akan diajak menikmati alam pedesaan dan mengunjungi unit-unit usaha kecil menengah yang ada di Tegal waru. Serta melihat dan mempraktikan proses pembuatan beberapa produk yang ada di sana, misalnya obat herbal dan hiasan yang terbuat dari clay.

Di hari ketiga acara Young Change Maker, para peserta di ajak berkunjung dan berwisata di Tegalwaru, yang pertama mengunjungi pusat pengrajin golok dan pisau. Para peserta diajak diperlihatkan proses pembuatan sampai proses finishing barang siap dijual.


Lokasi berikutnya adalah peternakan kambing dan sapi dimana hasil dari kulitnya dijadikan bahan untuk kerajinan  jaket kulit dan aneka tas. Harganya variatif mulai ratusan hingga jutaan.

.
Tidak jauh dari tempat kunjungan jaket kulit ada unit pengrajin tas ,di sentra produksi tas ini secara kualitas tidak kalah dengan yang ada di pasaran kelebihanya secara harga lebih terjangkau, apalagi kalau beli langsung dipengrajin saat kunjungan.


Tempat terakhir karena hari sudah menjelang malam adalah sentra herbal bu Sutiah, berawal dari sering sakit-sakitan dan sembuh karena obat herbal beliau akhirnya menanam aneka tanamaan obat dan membuatnya menjadi jajanan sehat dan beberapa obat herbal yang bisa dikonsumsi secara instan tanpa harus repot membuat dengan rumit. Misalnya keripik daun pegagan, minuman segar dari lidah buaya, wedang kayu secang, ada juga jamu pengsing dll. Di lokasi ini kita juga akan diajak berkeliling kebun herbal dengan memakai caping suasana pedesaan dan petani nya terasa sekali.


Ibu Tatiek menjelaskan hampir tiap pekan ada saja  rombongan pengunjung baik dari jawa barat bahkan ada juga yang dari luar jawa barat dan luar negeri. Tujuan kampung wisata bisnis ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para pekaku UKM di Tegalwaru dan masyrakat pada umumnya.

photo speial: udinews




Artikel Terkait

Previous
Next Post »