Cara Menurunkan Berat Badan 2-3 Kg Dalam 2 Minggu Dengan Diet Gado-Gado

 


Campusnesia.co.id - Sepanjang bulan Desember hingga Januari berat badan saya yang bertambah drastis, mungkin karena pola makan dan jarang gerak dan juga beban kerja yang berkurang karena pesanan di toko sedang sepi.

Jujur banyak perubahan yang saya rasakan mulai dari perut begah, agak berat ketika jalan dan kursi plastik yang sering mleyot saat saya duduki.

Jalan untuk menurunakan berat badan secara umum ada banyak, diantaranya diet dengan beragam jenis yang sudah beredar di masyarakat dan tentu saja idealnya olah raga rutin.

Tapi ya jujur tidak semudah itu, oleh karena itu saya coba mencari jalan menurunkan berat badan dengan cara yang bisa dilakukan, tidak terlalu memberatkan namun ada hasilnya.

Ada dua hal yang saya lakukan, pertama coba jalan rutin setiap hari, tidak jauh hanya dari kost ke warung makan atau ke minimarket dengan durasi 5 hingga 10 menit.

Dan yang kedua adalah mengurangi konsumsi nasi serta menambah konsumsi sayur, pilihan saya jatuh pada gado-gado tanpa lontong. Jadi isinya hanya sayur, kentang, tahu, telur rebus separo dan bumbu kacang. Dengan pertimbangan banyak sayurnya dan tentu saja saya doyan memakannya.


Bagaimana hasilnya?

Berat badan saya turun 2-3 Kg dalam 2 minggu, perut berasa tidak terlalu begah dan badan terasa lebih enteng.

Pagi tidak sarapan, kalaupun sarapan hanya makanan kecil jajanan pasar dan minum kopi, makan siang menu gado-gado dan malam makan nasi separo porsi dengan sayur.

Target selanjutnya adalah mengurangi konsumsi gula pada minuman, minyak dan tepung-tepungan seperti gorengan, saya menggunakan istilah mengurangi karena belum bisa seratus persen meninggalkan.

Sebagai informasi, Gado-gado adalah makanan yang terdiri atas sayur-sayuran, kentang, tempe, tahu, telur rebus, dan lain-lain diberi bumbu sambal kacang dan sebagainya.

Menurut wikipedia, adanya gado-gado bermula pada abad ke-17 (1628-1629), saat Kesultanan Mataram yang dipimpin Sultan Agung melakukan Penyerbuan di Batavia, kehabisan pasokan bahan makanan terutama beras. Selain itu, lumbung-lumbung beras di sekitar Batavia dibakar oleh VOC, sehingga membuat prajurit warok dari Ponorogo yang tergabung dalam pasukan perang membuat sambal bumbu pecel dari kacang tanah, kemudian disiramkan ke berbagai sayuran mentah yang ada di sekitar persawahan untuk bertahan hidup.

Tindakan ini dalam Bahasa Jawa disebut Gadho yang berarti makan hanya lauk saja atau makan lauk tanpa nasi. Resep gado-gado kemudian diikuti oleh prajurit lainnya untuk memakan sayur seadanya yang disiram cairan bumbu pecel. Seiring perkembangan zaman, kini gado-gado ditambahkan lontong yang diiris kecil, telur, tahu dan kerupuk yang disajikan di warung kecil hingga restoran.

Demikian tadi postingan saya kali ini tentang Cara Menurunkan Berat Badan 2-3 Kg Dalam 2 Minggu Dengan Diet Gado-Gado, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Nandar


===
Baca juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon