Tingginya Anemia pada Remaja, Mahasiswa KKN Tematik KHDTK Penggaron Undip Melakukan Penyuluhan Kesehatan terkait Anemia pada Karang Taruna Kaligawe

Sosialisasi dan Penyuluhan Anemia pada Karang Taruna Kaligawe


Campusnesia.co.id - Ungaran (27/01)- Mahasiswa KKN Tematik KHDTK Penggaron Undip mengadakan kegiatan penyuluhan terkait kesehatan. Program tersebut dilaksanakan oleh gabungan mahasiswa dari rumpun kesehatan yaitu dari jurusan Kedokteran Umum, Kesehatan Masyarakat dan Gizi. Penyuluhan terkait kesehatan terdapat beberapa materi yaitu Anemia, Obesitas, dan GERD. Pemilihan topik tersebut dikarenakan permasalahan tersebut kerap kali muncul dikalangan remaja. Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, mahasiswa Kesehatan Masyarakat KKN Undip, Salsabella Ayu Genta memberikan penyuluhan dan sosialisasi mengenai penyakit anemia pada remaja Karang Taruna Kaligawe RW 5. 

Kegiatan penyuluhan tersebut bertujuan untuk remaja karang taruna memahami tentang pentingnya mengetahui gejala serta pencegahan anemia pada remaja dan mau mengkonsumsi tablet FE yang diberikan untuk penanganan bagi remaja  yang mengalami anemia. Kegiatan penyuluhan ini diikuti kurang lebih 25 remaja karang taruna. Pelaksanaan dilakukan pada malam hari pukul 19.30 dan terlihat para remaja antusias bertanya pada sesi interaktif tanya jawab dan kuis. Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan terkait  rekomendasi menu sehat dan gaya hidup sehat supaya menjaga kadar hb tetap stabil.

Kadar anemia dapat diketahui dari kadar hb yang rendah. Kadar Hb normal pada remaja putri yaitu 12 gr/dl. Sebabnya, kekurangan hemoglobin mengakibatkan kurangnya oksigen yang mencapai jaringan dan otot tubuh, sehingga menghilangkan energi. Beberapa tanda dan gejala yang dapat dilihat seperti konjungtiva anemis (mata bagian bawah terlihat pucat), mata berkunang-kunang, mudah pusing serta mudah lelah.

Penyuluhan kesehatan tersebut merupakan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan remaja terutama remaja putri. Remaja karang taruna kaligawe yang mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan sangat antusias dan berterima kasih kepada mahasiswa KKN Tematik yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Jika faktor risiko anemia dapat ditekan, maka akan terhindar juga dari beberapa risiko kedepannya seperti Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR). 

“Berdikari Ekonomi, Bersama Minyak Atsiri!”



Penulis: 
Salsabella Ayu Genta
Mahasiswa KKN Tematik KHDTK Undip Tahun 2024

Lokasi: 
KHDTK Penggaron Undip, Kelurahan Susukan
Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang

Reviewer: 
Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaringrum., S.Si., M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon