Sambut Era Digital!! Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Di Sragen Lakukan Digital Branding Melalui E-Commerce!!

 
Penyerahan Akun Media E-Commerce kepada Balai Desa Karananom

Campusnesia.co.idSragen (20/01), mahasiswa KKN Tim I UNDIP tahun 2024 melakukan pembuatan Media E-commerce bagi pelaku usaha UMKM di Desa Karanganom. UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan No. 20 tahun 2008, sesuai pengertian UMKM tersebut maka kriteria UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. Electronic Commerce atau E-Commerce adalah segala kegiatan jual beli atau transaksi yang dilakukan menggunakan sarana media elektronik (internet). 

Era modern UMKM harus melihat peluang yang lebih menguntungkan dengan cara memasuki dunia jualan secara online. Pelaku UMKM di Desa Karanganom masih belum mengatahui dampak positif dari fungsi penjualan melalui media online atau E-commerce. Oleh Karena itu, pembuatan akun E-Commerce dilakukan oleh Shadam Chondro Wijoyo, mahasiswa program studi Ilmu Ekomi Studi Pembangunan, Universitas Diponegoro di Desa Karangangom, Kecamatan Sukodonon, Kabupaten Sragen.

Dalam kegiatan ini mahasiswa memberikan edukasi terkait dampak positif yang akan dirasakan oleh UMKM di Desa Karanganom dan pembuatan media online TOKOPEDIA sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan melalui media jualan online atau E-commerce. Berdasarkan hasil survey erhadap potensi di Desa Karanganom, terdapat cukup banyak pelaku usaha UMKM yang dapat dijual secara online meliputi UMKM Dandang Gajah Kembar, UMKM Keset Kembar Jaya, dan UMKM Alat Kebersihan Suryadi Jaya. Melihat banyaknya UMKM di Desa Karanganom maka mahasiswa KKN membantu melakukan pembuatan akun E-Commerce.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara door to door ke setiap rumah atau lokasi usaha UMKM. Mahasisa Melakukan pengambilan data masing-masing usaha UMKM di Desa Karanganom. Mulai dari pendataan titik lokasi tempat, produk yang di perjualkan, harga jual produk dan melakukan Foto produk. Semuanya akan disatukan dalam satu E-commerce yang teritegrasi satu sama lain. Oleh Karena itu, mahasiswa KKN membuat satu akun E-Commerce untuk Desa Karanganom dan dikelola oleh Staff Balai Desa Karanganom.
   



Dokumentasi UMKM di Desa Karanganom Kecamatan Sukondono

Pak Suryadi, Pemilik salah satu usaha UMKM di Desa Karanganom bergerak dibidang Alat Kebersihan Rumah Tangga sangat mendukung kegiatan tersebut. Beliau Mengatakan, “Saya berharap dengan adanya kegiatan Digitalisasi UMKM ini dapat membantu menaikan penjualan kami dan semoga produk yang kami jual dapat tersebar diseluruh Indonesia”.
 
Pembuatan Akun E-Commerce Tokopedia Karanganom

Selain melakukan kegiatan edukasi mengenai dampak positf fungsi dari penjualan online atau Ecommerce kepada UMKM, Mahasiswa juga membantu berkerja sama dengan staf Balai Desa Karanganom untuk saling membangun sistem yang terintegrasi dengan salah satu caranya menggunakan akun TOKOPEDIA sebagai platform bagi UMKM yang ada di Desa Karanganom. Semoga dengan adanya E-Commerce ini Mahasiswa KKN UNDIP berharap memberikan dampak positif bagi pelaku usaha UMKM di Desa Karanganom terutama dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masing-masing pelaku UMKM.




Penulis : 
Shadam Chondro Wijoyo 
(Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro)

Editor: 
Hendrik A.S.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon