Penerapan Ilmu Manajemen Logistik : Program Pembuatan Desain Produk UMKM Nugget Lele oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP Tahun 2024

 


Campusnesia.co.id Karangasem, Kec. Tanon, Kab. Sragen, Jawa Tengah (02/02/2024). Saat ini perkembangan teknologi semakin marak ditandai dengan digitalisasi, yang mana aktivitas yang sebelumnya dilakukan secara manual sekarang dapat dilakukan secara digital. 

Dilihat dari potensi desa khususnya Ibu-Ibu PKK Desa Karangasem, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, kurangnya pengetahuan terkait teknologi informasi khususnya dalam proses desain produk, sehingga pada tanggal 26 Januari 2024, Mahasiswa TIM I KKN UNDIP atas nama Ainasya Prasdyah Kus Alviana telah menyelesaikan proses perancangan dan pembuatan packaging untuk produk nugget lele yang akan di luncurkan. 

Proses ini melibatkan berbagai tahap, mulai dari perencanaan desain hingga implementasi material yang sesuai dengan kebutuhan produk. 


Tahap 1: Perencanaan Desain 
Pertama-tama, memulai proses dengan melakukan uji coba desain dengan menggunakan aplikasi Canva. Setelah itu, memutuskan untuk mengadopsi pendekatan yang bersih, modern, dan menarik dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan gambar nugget lele yang menggiurkan.


Tahap 2: Pengembangan Desain 
Setelah konsep desain disepakati, selanjutnya mengembangkan desain yang lebih rinci menggunakan perangkat lunak desain grafis. Mahasiswa menciptakan beberapa iterasi desain untuk dipertimbangkan, memperhatikan aspek praktis seperti kemudahan cetak, kemampuan tahan air, dan kemampuan untuk menciptakan efek visual yang menarik.


Tahap 3: Pemilihan Material 
Dengan melakukan penelitian intensif untuk memilih material yang tepat untuk packaging nugget lele. Kriteria utama yaitu kemampuan untuk melindungi produk dari kerusakan, kemampuan untuk menjaga kesegaran produk, serta kemampuan untuk didaur ulang atau ramah lingkungan. Setelah pertimbangan yang matang, mahasiswa memilih kertas karton berkualitas tinggi yang dapat didaur ulang.


Tahap 4: Produksi 
Setelah desain final disetujui dan material dipilih, selanjutnya tahap produksi. Proses ini melibatkan pencetakan desain pada kertas karton, pemotongan, lipatan, dan perekatan untuk membentuk packaging nugget lele yang akhir. Mahasiswa memastikan setiap langkah dipantau secara ketat untuk memastikan kualitas produk akhir.


Tahap 5: Uji Kelayakan 
Sebelum packaging diproduksi dalam jumlah besar, dilakukan uji kelayakan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kualitas. Packaging diuji untuk daya tahan, keamanan makanan, dan kemampuan untuk menarik konsumen. Hasil uji kelayakan memuaskan. 

Proses pembuatan packaging produk nugget lele telah selesai dengan sukses. Desain packaging tidak hanya memenuhi kebutuhan praktis produk, tetapi juga menciptakan penampilan visual yang menarik dan sesuai dengan identitas merek produk. Mahasiswa yakin bahwa packaging baru ini akan membantu meningkatkan daya tarik produk nugget lele di pasaran dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi Ibu-Ibu PKK Desa Karangasem.

Kegiatan ini diharapkan dapat  menggugah empati warga khususnya Ibu-Ibu PKK Desa Karangasem untuk membuat UMKM baru guna membangun ekonomi keluarga serta membentuk kreasi produk baru. 


Dosen Pembimbing Lapangan 
1. Ir. Ibnu Pratiko., M. Si. 
2. Dr. Seno Darmanto, ST., MT
3. Tari Purwanti, S. Ant., M. A. 


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon