Pendampingan Tata Laksana Perkandangan Sapi: Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Peternak


Foto Bersama Kelompok Ternak Pundungsari


Campusnesia.co.idPundungrejo, Tawangsari (08/02/2024) - Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan peternak sapi,  perlu melakukan pendampingan terhadap tata laksana perkandangan sapi. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pengawasan dalam pengelolaan dan pemeliharaan kandang sapi yang baik, sehingga mampu menghasilkan produk ternak yang berkualitas dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak. Maka dari itu, Mahasiswa KKN UNDIP TIM I tahun 2023/2024 melakukan pendampingan kepada Kelompok Ternak Pundungsari yang berada di Desa Pundungrejo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo mengenai Pendampingan Tata Laksana Perkandangan. 

Salah satu aspek yang ditekankan dalam pendampingan tata laksana perkandangan sapi adalah aspek kesejahteraan hewan. Peternak diberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya memberikan lingkungan yang nyaman dan sesuai untuk sapi, termasuk aspek kesehatan, kebersihan, dan ketersediaan pakan yang memadai. Dengan memperhatikan kesejahteraan hewan, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sapi dan kualitas produk hasil ternak.

Ketua Kelompok Ternak Pundungsari, Bapak Misdi, menyampaikan bahwa perkandangan yang ada di lingkup kelompok ternak Pundungsari hanya dibangun seadanya karena keterbatasan biaya yang berasal dari masing – masing anggota. Oleh karena itu, pendampingan juga mencakup pelatihan dalam hal manajemen perkandangan yang efisien dan berkelanjutan. Peternak diberikan pengetahuan tentang tata letak perkandangan yang baik, penggunaan material yang sesuai, serta cara mengelola limbah kandang secara tepat. Dengan menerapkan praktik manajemen yang baik, peternak dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 
 
Hasil Design Evaluasi Tata Laksana Kandang Sapi

Pendampingan tata laksana perkandangan sapi juga melibatkan upaya untuk meningkatkan keterampilan peternak dalam hal pemeliharaan sapi secara umum. Hal ini mencakup pemahaman tentang pola pemberian pakan yang tepat, pengendalian penyakit, serta manajemen reproduksi sapi. Tak hanya itu, pendampingan juga mencakup aspek penerapan teknologi dalam pengelolaan kandang sapi. Peternak diberikan pelatihan tentang penggunaan teknologi, seperti PLTS dengan panel surya sederhana. 

Melalui pendampingan tata laksana perkandangan sapi yang berkelanjutan dan komprehensif, diharapkan dapat tercapai peningkatan produktivitas dan kesejahteraan peternak secara signifikan. Dengan menerapkan praktik pengelolaan kandang yang baik, diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk sapi di Kelompok Ternak Pundungsari serta meningkatkan produktivitas. Menurut salah satu anggota Kelompok Ternak Pundungsari Bapak Mujidi berharap kedepannya apa yang disampaikan oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP Desa Pundungrejo dapat direalisasikan dan sangat membantu bagi Kelompok Ternak Pundungsari. 


Penulis:
- Muhammad Fauzan Dwiananda (Arsitektur)
- Anggit Lejar Damara Santi (Teknik Geodesi)
- Salma Aulia Putri (Ekonomi Islam)
- Ardina Yuka Rachmadea (Peternakan)
- Candra Handita (Peternakan)
- Yohanes Owen Samudra Panjaitan (Teknik Elektro)
- Muhammad Zidan Ali (Teknik Mesin)

Lokasi:
Desa Pundungrejo
Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon