Pemetaan Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Beji oleh Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP

Penyerahan Produk Akhir
Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Beji


Campusnesia.co.id - Pemetaan persebaran sarana prasarana salah satu hal yang penting guna mengetahui sarana dan prasarana yang tersedia pada suatu wilayah dan membantu pemerintah dalam memberikan layanan publik untuk masyarakat. Ranni Novia Nugrahaningtyas, mahasiswa S1-Perencanaan Wilayah dan Kota mempunyai program SDGs yang berupa pembuatan Peta Persebaran Sarana Prasarana yang ada di Desa Beji. 

Program dari Pembuatan Pemetaan Peta Sarana dan Prasarana di Desa Beji ini sejalan dengan tujuan dari Sustainable Development Goals atau SDGs yaitu pada tujuan ke 9 (Sembilan) yang berisi membangun infrastruktur yang tangguh, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta membantu perkembangan inovasi. 

Sarana prasarana merupakan segala bentuk fasilitas atau infrastruktur yang dibangun dan disediakan oleh pemerintah guna mendukung berbagai aktivitas dan kegiatan masyarakat. Fasilitas sarana dan prasarana yang ada dan tersedia di Desa Beji sudah cukup lengkap dan dapat menunjang kegiatan masyarakat sekitar. Dengan itu, persebaran sarana dan prasarana perlu untuk dipetakan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan dari wilayah tersebut.

Dalam pembuatan Peta Persebaran Sarana dan Prasarana, untuk mendapatkan data sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan survei lapangan yang dapat dilakukan secara primer dan sekunder, pengambilan titik lokasi sarana dan prasarana menggunakan My Maps atau Google Earth, pembuatan peta menggunakan QGIS 3.18, finalisasi peta dan asistensi peta, serta pencetakan produk peta dalam format fisik A2. Survei lapangan secara primer dilakukan dengan pengambilan titik koordinat secara langsung di lokasi sarana dan prasarana dan identifikasi kondisi dari sarana dan prasarana yang ada. Survei lapangan tidak langsung mengandalkan data shapefile dari Bappeda Kabupaten Klaten dan data dari Desa Beji yang diperoleh dari perangkat desa.

Titik koordinat dikumpulkan berdasarkan masing-masing sarana dan prasarana Desa Beji diantaranya sarana perkantoran dan pelayanan masyarakat yaitu Kantor Desa Beji. Sarana pendidikan yang terdiri dari 1 Paud, 2 TK dan 1 SD. Sarana kesehatan yang terdiri dari Pos Kesehatan Desa (PKD) Desa Beji dan Klinik Yakkum. Sarana tempat ibadah yang terdiri dari 7 masjid dan 2 mushola. Terdapat juga sarana komersial yang terdiri dari toko, ruko, tempat makan, persewaan, pemancingan dan penggilingan padi yang menawarkan jasa. Sarana industri juga ada di Desa Beji yaitu industri tahu, industri kerupuk, industri konveksi dan industri begel. Prasarana yang ada berupa jalan, sungai, dan jembatan.
 
Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Beji

Setelah titik koordinat berhasil didapatkan, langkah selanjutnya yaitu pembuatan peta dengan menggunakan software QGIS 3.18. Setelah peta selesai dibuat, dilakukannya proses layouting peta dengan skala 1:5.000 dengan ukuran kertas A2. Dalam proses layouting dilakukan secara cermat sesuai dengan standar peta yang tertuang dalam Peraturan Pemerintahan Nomor 8 tahun 2013 tentang Ketelitian Peta. Selanjutnya, peta akan dicetak dan diserahkan kepada pihak perangkat Desa Beji dengan harapan peta ini dapat menjad data dasar perencanaan dan Pembangunan Tingkat desa dan dapat digunakan sebagai gambaran informasi tentang sarana dan prasarana di Desa Beji. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon