Optimalisasi Desa Wisata: Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Kegiatan untuk Menarik Minat Para Wisatawan ke Desa Majasto




Campusnesia.co.idMahasiswa KKN Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan untuk optimalisasi Desa Wisata karena pada desa tersebut memiliki beberapa potensi seperti UMKM, pemancingan, taman rekreasi, serta wisata religi taman bumi arum. Untuk menambah minat wisatawan yang akan berkunjung dan juga memajukan usaha yang berada di desa tersebut,. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim 1 2023/2024 dengan bimbingan Bapak Fajar Arianto., S.Si., M.Si. yang berlokasi di Desa Majasto melaksanakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk optimalisasi desa wisata di Desa Majasto. 

Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah, yang pertama pembuatan peta desa wisata yang memuat lokasi tempat wisata serta informasi mengenai tempat tersebut. Kemudian peta tersebut dicetak dan kemudian di pasang di beberapa lokasi seperti pintu masuk desa dan tempat wisata itu sendiri agar para wisatawan yang mengunjungi desa bisa mengetahui tempat apa saja yang dapat dikunjungi di Desa Majasto. Kemudian peta tersebut juga dibuat dengan bentuk leaflet sehingga dapat diletakkan di UMKM dan juga balai desa agar para pengunjung juga dapat melihat infromasi pada peta tersebut.
 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memperbaharui Taman Bumi Arum dimana yang dilakukan adalah pembaharuan pada Menara dan juga pada kolam ikan di tempat tersebut. Kenapa yang diperbaharui taman bumi arum, dikarenakan tempat ini sebenernya sudah memiliki pengunjung tetapi jika dibandingkan dengan tempat yang laiinya masih terbilang sedikit. Karena kami ingin optimalisasi desa wisata maka pemerataan pada pengunjung juga diperlukan agar dapat melengkapi satu sama lainnya.

Pembaharuan pada Menara dan kolam ikan ditujukan untuk memperindah tempat ini, beberapa hal yang dilakukan adalah melakukan pengecatan Kembali pada Menara yang warna nya sudah memudar dan juga melakukan pembenaran pada mesin kolam ikan agar mesin dapat bekerja Kembali dan kemudian juga melakukan pengecatan ulang pada bagian bawah kolam agar air yang berada di kolam tidak bocor.

Dengan adanya kegiatan ini, harapan kedepannya adalah agar Desa Majasto dapat memajukan desa wisata, karena potensi wisata yang dimiliki oleh des aini cukup banyak dan apabila dapat dikelola serta dimanfaatkan dengan baik maka akan menambah daya tarik wisatawan yang akan berkunjung dan hal ini dapat membantu sektor perekonomian Masyarakat serta perangkat Desa Majasto.



Penulis: 
Fachry Ikhsan
Prodi : Arsitektur

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Fajar Arianto., S.Si., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon