Menyemai Biji Kepemimpinan: Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Menyulutkan Api Inspirasi dengan Menciptakan Gerakan “Akulah Pemimpin Masa Depan” di SDN 1 Karanganom


Gambar 1. Pemberian sosialisasi terkait gerakan 
"Akulah Pemimpin Masa Depan” 
yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP


Campusnesia.co.idSragen (25/01), SDN 1 Karanganom menjadi saksi dari semangat dan antusiasme para siswa kelas 4 yang terlibat dalam sosialisasi untuk membentuk adanya gerakan "Akulah Pemimpin Masa Depan” yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP tahun 2024. Dengan peserta sebanyak 30 siswa, kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam upaya sekolah untuk merangsang kesadaran akan potensi kepemimpinan pada siswa sejak dini.

Dalam kegiatan sosialisasi ini para siswa melakuakn kegiatan yang telah dirancang agar dapat memicu pemikiran kritis, kreativitas, dan kerjasama tim yang dilakukan dengan memainkan games edukatif yang mendidik. Salah satu kegiatan yang dapat menarik minat siswa adalah ketika para siswa diminta untuk maju dan memperkenalkan diri serta menyebutkan apa cita-cita mereka. Dari jawaban-jawaban mereka, terpancar adanya aspirasi dari para siswa untuk membuat perubahan yang positif dalam masyarakat, mulai dari kecil hingga yang lebih luas.

Dari pemaparan yang diberikan oleh mahasiswa KKN, para siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang apa pengertian dari kepemimpinan, apa saja ciri-ciri seorang pemimpin, seperti apa sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk melatih jiwa kepemimpinan, apa saja manfaat dari memiliki jiwa kepemimpinan, serta memberikan beberapa contoh jiwa kepemimpinan yang positif dan negatif. Selain itu mereka juga diajarkan bahwa untuk dapat menjadi seorang pemimpin bukan hanya tentang memiliki kekuasaan, tetapi juga tentang melayani orang lain dengan integritas dan kepedulian.

Diharapkan siswa SDN 1 Karanganom tidak hanya sekedar memperoleh pemahaman terkeit kepemimpinan, namun juga dapat termotivasi agar dapat mengambil peran aktif dalam membawa perubahan positif dalam lingkungan mereka. Karena gerakan ini dilakukan sebagai langkah awal perjalanan panjang untuk membentuk generasi pemimpin yang berkarakter dan berdampak positif.

Gambar 2. Foto bersama dengan siswa kelas 4 SDN1 Karanganom 
yang mengikuti kegiatan sosialisasi gerakan "Akulah Pemimpin Masa Depan”

Gambar 3. Foto bersama dengan siswa kelas 4 SDN1 Karanganom 
yang mengikuti kegiatan sosialisasi gerakan "Akulah Pemimpin Masa Depan”




Penulis :
Kharisma Kusuma Putri Utami 
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Diponegoro)

Lokasi : 
Desa Karanganom, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen

Editor :
Hendrik Anggi Setyawan, S.Pi., M.Si.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon