Menuju Pemilu 2024 yang Berkualitas: Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Mengajak Masyarakat Desa Karanganom untuk Dapat Berpartisipasi dan Bertanggungjawab Melalui Gerakan “Ayo Kita Ciptakan Demokrasi yang Damai, Indah, dan Bersih”

Gambar 1. Pemberian sosialisasi terkait gerakan 
"Ayo Kita Ciptakan Demokrasi yang Damai, Indah, dan Bersih di Desa Karanganom” 
yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP


Campusnesia.co.idSragen (30/01), dalam kegiatan yang penuh semangat yang diadakan oleh Karang Taruna Desa Karanganom mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP tahun 2024 melakukan sosialisasi terkait gerakan "Ayo Kita Ciptakan Demokrasi yang Damai, Indah, dan Bersih di Desa Karanganom” guna membangun masyarakat Desa Karanganom yang partisipatif dan bertanggungjawab. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta, yang di dalamnya terdapat pemuda, bapak-bapak, dan tokoh masyarakat. 



Gambar 2. Pemberian sosialisasi terkait gerakan 
"Ayo Kita Ciptakan Demokrasi yang Damai, Indah, dan Bersih di Desa Karanganom” 
yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP

Dengan adanya Kerjasama antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat dan pemerintah desa, gerakan sosialisasi ini dilakukan dengan upaya agar dapat menciptakan lingkungan yang mendukung untuk dapat mewujudkan demokrasi yang sehat. Oleh karena itu gerakan sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan demokrasi yang damai dan transparan di Desa Kranganom serta untuk membawa perubahan yang positif dalam proses politik dan sosial yang terjadi di Desa Karanganom. Melalui sosialisasi ini memaparkan terkait langkah-langkah konkret terkait demokrasi, seperti melakukan penyuluhan terkait politik dan pemberian pemahaman terkait Pemilu. 

Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan serangkaian diskusi dan menjalaskan terkait makna dari demokrasi, menjelaskan apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi damai dan bersih, apa saja peran yang dimiliki oleh setiap warga negara dalam menjaganya, apa saja tantangan yang dialami saat proses Pemilu, bagaimana strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu, apa saja aspek kerberhasilan dalam pelaksanaan pemilu, hingga apa saja hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan Pemilu. 

Gerakan sosialisasi ini mendapat respon yang positif dari masyarakat, dimana masyarakat mendukung adanya upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas demokrasi terlebih pada saat ini menjelang Pemilu 2024. Selain masyarakat, tokoh masyarakat juga memberikan respon yang positif, hal ini dapat dilihat dari tokoh-tokoh masyarakat yang memberikan dukungan pada gerakan sosialisasi ini. 

Diharapakan dengan adanya gerakan sosialisasi ini bukan hanya sekedar sebagai kumpulan kata-kata saja, namun dapat dijadikan sebagai sebuah komitmen batin untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai demokrasi. Terlebih dengan adanya Karang Taruna di Desa Karanganom dapat  memberikan inspirasi dan melibatkan seluruh masyarakat Desa Karanganom untuk dapat membangun demokrasi yang lebih kuat dan inklusif. Karena dengan adanya semangat gotong royong antar masyarakat dapat menciptakan adanya komitmen bersama untuk membangun masyarakat Desa Karanganom yang partisipastif dan bertanggungjawab.

Gambar 3. Foto bersama dengan pengurus Karang Truna Desa Karanganom 
yang mengikuti kegiatan sosialisasi gerakan 
"Ayo Kita Ciptakan Demokrasi yang Damai, Indah, dan Bersih di Desa Karanganom”



Penulis :
Kharisma Kusuma Putri Utami 
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Diponegoro)

Lokasi : 
Desa Karanganom, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen

Editor :
Hendrik Anggi Setyawan, S.Pi., M.Si.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon