Melintasi Batas: Mahasiswa KKN TIM I UNDIP dan Desa Bersatu untuk Mewujudkan Peta Administrasi Desa yang Inovatif Desa Burikan, Klaten

  
Penyerahan Produk Akhir 
Peta Batas Administrasi Desa Burikan
Sumber: Dokumentasi Pribadi


Campusnesia.co.idKlaten (29/01/24) Pembuatan peta administrasi desa merupakan hal yang sangat penting dalam memberikan visualisasi batas wilayah dan mengelola wilayah secara terpadu. Pentingnya peta administrasi yakni dalam memberikan kemudahan untuk pengambilan keputusan, perencanaan serta pengembangan berbagai sektor desa. 

Desa Burikan memiliki potensi yang perlu dikembangkan, dan adanya peta administrasi ini akan menjadi dasar untuk pengelolaan sumber daya dan pembangunan di wilayah ini. Banyaknya kegunaan sebuah peta untuk desa diantaranya sebagai alat informasi yang dapat diketahui melalui simbol yang terdapat pada peta. Adanya visualisasi berupa peta administrasi Desa Burikan maka diharapkan dapat mempermudah dalam pengembangan dan pembangunan desa.

Desa Burikan, dengan 20 Rukun Tetangga (RT) dan 8 Rukun Warga (RW), kini memiliki sumber daya baru yang akan memberikan manfaat besar bagi warganya. Proyek ini terlahir dari kesadaran bahwa di kantor desa belum tersedia peta desa yang mendetail, menyebabkan beberapa warga dan perangkat desa mengalami keterbatasan dalam mengetahui batas-batas RT dan RW di dalam wilayah Desa Burikan. 

Hal ini mendorong salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, Jesica Pinri Annova Simanjuntak untuk melakukan pemetaan batas administrasi desa berupa visualisasi data spasial. Keberadaan peta administrasi di Kantor Desa merupakan penempatan strategis karena dapat dilihat oleh perangkat desa dan menjadi panduan dalam mengatur sebuah desa. 

Program pemetaan ini bekerjasama secara erat dengan pihak desa dalam mengumpulkan data dan informasi terkait batas administrasi desa. Bapak Surata, Kepala Desa Burikan, menyambut dengan baik langkah yang diambil oleh tim mahasiswa KKN Undip. Harapannya adalah bahwa peta administrasi yang dibuat akan berfungsi sebagai panduan yang bermanfaat untuk pembangunan dan pengembangan Desa Burikan ke depan.

Hasil pemetaan administrasi yang dihasilkan akan menjadi sumber referensi berharga bagi masyarakat dan pihak desa untuk berorientasi di Desa Burikan. Diharapkan, peta tersebut dapat meningkatkan pemahaman tentang struktur administrasi desa, yang pada akhirnya akan mendukung penguatan ikatan sosial dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengembangan desa.

Proyek ini menjadi contoh konkret tentang bagaimana kerjasama antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal bisa menghasilkan dampak positif. Selain memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan potensi lokal, juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata. Semoga langkah positif ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi Desa Burikan dan menjadi teladan bagi upaya serupa di wilayah lain.


Dosen Pembimbing KKN:
1. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc.,Ph.D.,IPU
2. Ir.Hermin Werdiningsih, M.T.
3. Dr. Sunarno, S.Si, M.Si


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon