Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Membantu Pembenahan Area Fasilitas Umum Desa




Campusnesia.co.idPada tiap wilayah termasuk desa pastinya memiliki fasilitas umum yang digunakan bersama untuk memenuhi dan mempermudah mencapai suatu kebutuhan maupun kegiatan. Fasilitas umum pada suatu desa umumnya meliputi kantor desa, balai desa, posiandu, kantor pkk, sekolah, area olahraga, dll. Desa Tanjungsari saat ini memiliki balai desa yang bersambungan dengan aula besar, kantor pkk dan paud.

Pada kondisi ini tiga dari empat bangunan belum memiliki fungsi maupun sirkulasi yang maksimal. Aula besar yang terletak pada belakang balai desa hanya digunakan saat ada acara yang melibatkan banyak orang. Kantor PKK yang berada tepat disebelah aula menutupi bangunan paud yang berada persis dibelakang kanto PKK, sehingga tidak ada sirkulasi alur yang baik untuk mencapai paud. Paud yang tertutup bangunan sekitarnya masih minim pencahayaan maupun sirkulasi udara yang baik. Hal ini membuat salah satu mahasiswa TIM 1 KKN Universitas Diponegoro memilki keinginan untuk memperbaiki fasilitas umum yang ada.

Sebelum dimulainya perancangan, dilakukannya diskusi dengan perangkat desa yang aktif menggunakan bangunan tersebut untuk mendapatkan masukan yang sekiranya dibutuhkan dalam bangunan dan rancangan kedepannya ingin dibangun seperti apa. Setelah mendapatkan semua masukan yang ada, dilanjutkan proses pengukuran bangunan agar mendapatkan ukuran bangunan sebelum didesain ulang.  Rancangan yang diinginkan berupa aula yang dapat dikembangkan fungsinya sebagai area olahraga, sirkulasi dan pengembangan area paud agar dapat digunakan dengan baik dan peningkatan bangunan kantor PKK. 

Dalam perancangan ini dibutuhkannya pembuatan denah baru yang menyesuaikan keinginan perangkat desa. Rancangan bangunan dikerjakan selama 7 hari hingga menjadi hardcopy. Setelah didapatkan denah yang sesuai dilanjutkan dengan pembuatan 3D hingga rendering.

Saat hardcopy telah didapatkan, produk segera diberikan kepada perangkat desa dan dijelaskan desan dan segala fungsi yang dibuat agar perangkat desa yang menerima dapat memahami maksud dari desain bangunan. Diharapkan hasil dari pengerjaan rancangan ini dapat mebantu perangkat desa membenahi fasilitas desa yang ada agar seluruh bangunan dapat digunakan dengan maksimal.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon