Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Membuat Peta Desa Dalangan untuk Membantu Perangkat Desa dan Masyarakat

 


Campusnesia.co.id    Pada tanggal 26 Januari 2024, mahasiswa teknik geodesi dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim 1 yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan program kerja pembuatan peta desa untuk Desa Dalangan, yang terletak di Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu perangkat desa serta masyarakat setempat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang desa mereka, termasuk lokasi fasilitas umum dan fasilitas kesehatan.  

Proses pembuatan peta dilakukan dengan menggunakan data SHP (Shapefile) Desa Dalangan, selanjutnya, melakukan wawancara dengan perangkat desa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai desa dan letak fasilitas yang ada. Untuk memastikan keakuratan informasi, dilakukan survei lapangan untuk memvalidasi hasil pengolahan data. Pengolahan data dan pembuatan peta dilakukan menggunakan perangkat lunak ArcGIS dari awal pengolahan pembuatan peta hingga tahap layouting peta. Setelah selesai, peta tersebut akan dicetak dan diserahkan langsung kepada perangkat desa. 
  
"Sebelumnya saya berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa KKN UNDIP yang telah menuangkan ilmunya bersama kami di Desa Dalangan.Salah satunya pembuatan peta desa yang telah dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Geodesi kami berharap dapat memudahkan perangkat desa maupun masyarakat dalam mendapatkan informasi yang kami butuhkan tentang Desa Dalangan," ujar salah satu perangkat desa pada saat acara pemaparan program kerja Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Periode 2023/2024
 
Pembuatan peta ini menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan suatu wilayah. Semoga dengan adanya peta ini, informasi tentang Desa Dalangan dapat lebih diterima dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon