Mahasiswa KKN Undip Membuat Web Profil UMKM untuk Memperluas Jaringan di Desa Rembun, Pekalongan



Campusnesia.co.idRembun, 07/02/24. Salah satu mahasiswa KKN Tematik Desa Rembun Universitas Diponegoro telah melaksanakan program kerja monodisiplin dengan mengembangkan suatu platform web untuk memperluas jaringan semua UMKM yang ada di Desa Rembun. Latar belakang dari pembuatan web profil UMKM Desa Rembun adalah kurangnya pengawasan terhadap website Desa Rembun dan juga kurangnya publikasi UMKM di Desa Rembun sehingga omset yang diterima oleh pemilik usaha tidak mengalami kenaikan alias stagnan. Maka dari itu, diharapkan hasil dari program monodisiplin yang dibawakan dapat berdampak positif kepada masyarakat di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.


Monodisiplin ini dilaksanakan mulai pada 5 Februari 2024 dengan melakukan konsultasi kepada perangkat desa dan juga beberapa UMKM yang beroperasi di Desa Rembun. Setelah mengetahui semua permasalahan yang dihadapi oleh semua pihak, permasalahan tersebut dituangkan dalam platform website. Website ini terdiri dari beberapa menu yang terdiri dari peta persebaran UMKM aktif di Desa Rembun, profil Desa Rembun secara singkat, dan juga klusterisasi UMKM yang beroperasi. 
 

Peta persebaran UMKM dimasukkan sebagai menu pada web tersebut agar dapat dijangkau oleh masyarakat yang ingin mengetahui semua UMKM di Desa Rembun dan juga sebagai media navigasi jikalau masyarakat ingin langsung berinteraksi dengan pemilik usaha. Tidak lupa juga dengan profil singkat Desa Rembun agar masyarakat mengetahui latar belakang dan sejarah berdirinya Desa Rembun serta apa saja sumber daya yang ditawarkan oleh desa tersebut. Lalu, menu yang terakhir adalah klusterisasi UMKM dengan tujuan agar masyarakat mengetahui apa saja macam-macam UMKM yang beroperasi di Desa Rembun. Beruntungnya, semua elemen kebutuhan dasar masyarakat secara umum disediakan oleh UMKM pada daerah tersebut.

Setelah membuat web tersebut, dilakukan konsultasi kembali kepada perangkat desa dan tidak diduga, mendapat feedback yang positif karena bisa kembali menghidupkan web profil Desa Rembun yang sudah lama tidak aktif dan bisa memasukkan elemen UMKM di Desa Rembun. Banyak hal yang dapat diteruskan dalam web ini, baik secara konten maupun perluasan secara fisik seperti pembuatan barcode website dalam banner di depan Desa Rembun.
 


Penulis: 
Siloam Angga Mairi
NIM: 21110121140143
Jurusan: Teknik Geodesi
Fakultas: Teknik

DPL: 
Fajrul Falah, S.HUM. M.HUM. 
Riris Tiani, S.S., M.HUM.
Marwini, S.HI., M.A., M.SI.

Lokasi: 
Desa Rembun, Siwalan, Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon