Cara Membuat Pers Release atau Rilis untuk Media Online Bagi Ormawa dan Event Mahasiswa

 



Campusnesia.co.id - Semarang 01/12/2023. Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pentingnya Press Release Publikasi Media Online Bagi Organisasi Mahasiswa dan Kepanitiaan Event Mahasiswa, kali ini yuk kita bahas tentang Cara Membuat Pers Release atau Rilis untuk Media Online Bagi Ormawa dan Event Mahasiswa.

Jika sobat agak lupa, kami bantu ingatkan tentang apa ini pers rilis atau media rilis. Press Release atau Pers Rilis adalah aktivitas untuk memberitahukan sebuah informasi, baik itu berupa pelaksanaan kegiatan lembaga atau perusahaan, peluncuran produk, peluncuran perusahaan, dan sebagainya. Secara sederhana, Press Release dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk melakukan sebuah soft sell ing. 

Jenis-Jenis Press Release:
1. General news
2. Launch release
3. Event press release
4. Product press release
5. Executive, staff, dan employee press release
6. Expert position press release
7. Rebranding press release
8. Partnership press release


Cara Membuat Pers Release atau Rilis untuk Media Online Bagi Ormawa dan Event Mahasiswa:

Struktur naskah press release 

Melansir dari buku Jurnalisme Positif (2021) karya Nina dan Triyanto, berikut penjelasan struktur naskah press release: 

1. Judul (head) 
Judul press release harus ditulis menggunakan kalimat lengkap serta kalimat aktif. Minimal mengandung subjek dan predikat. 


2. Teras (lead) 
Sebaiknya teras atau lead mengedepankan subjek atau pelaku, yakni who does what atau siapa melakukan apa, kapan, di mana, kenapa, dan bagaimana. 


3. Isi (body) 
Isi dalam press release memuat penjelasan dari unsur why dan how. 

Perbedaan struktur naskah press release dengan berita terletak pada bagian awal dan akhirnya. Karena pada bagian awal press release diberi nama dan logo organisasi, mirip seperti kop surat. 

Terkadang di bagian awal juga diberikan tulisan, seperti alamat organisasi. Sementara di bagian akhir press release, isinya berupa kontak dari pihak yang bertanggung jawab, misalnya bagian humas dari organisasi atau event.


Contoh pers rilis yang pernah dimuat oleh Campusnesia bisa klik di sini >>Pers Rilis<<


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Cara Membuat Pers Release atau Rilis untuk Media Online Bagi Ormawa dan Event Mahasiswa. Semoga bermanfaat sampai jumpa.






====
Promo Paid publish pers rilis di Campusnesia:

Campusnesia menerima pengiriman dan paid publikasi pers rilis seminar, event, konser, lomba organisasi mahasiswa, perusahaan dan instansi.

Khusus event organisasi mahasiswa dapatkan harga promo spesial Rp 30.000 dengan ketentuan pers rilis sudah siap publish dengan disertai foto atau poster yang relevan maksimal dua tanpa backlink.

Bagi sobat yang mau paid publish pers rilis kegiatannya bisa langsung whatsapp di nomor 085292613001 (hanya pesan teks) atau klik link ini >> Paid Publish Pers Rilis <<.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon