Hujan Mulai Turun, Es Teh Jumbo 3000 End, Saatnya Bersinar Ini Resep Wedang Ronde

 


Campusnesia.co.id - Semarang 07/11/2023. Walau masih jarang dan durasi pendek, bulan November ini beberapa hujan sudah turun, cukup membasahi tanah, menyejukan udara panas dan para petani mulai menanam.

Diantara keluh kesah masyarakat dengan suhu panas kemarau dan el nino tahun 2023 ini, ada bisnis yang bersinar yaitu es teh jumbo 3000 yang menjamur nyaris di setiap sudut kota, kecamatan hingga desa.

Sempat menggeser popularitas thai tea dan es krim kekinian, es teh jumbo selain porsinya yang besar juga harganya yang murah, bayangin segelas gedhe cuma 3.000 cukup jadi pelega dahaga.

Namun seiring mulai turunnya hujan akhir tahun ini, diprediksi masa keemasan es teh jumbo bakal mulai meredup. Dinginnya hujan sehari-sehari bakal diprediksi jadi saatnya minuman hangat bersinar, salah satunya wedang ronde.

Sebagai informasi Wedang Ronde adalah salah satu minuman khas Jawa Tengah, Indonesia. Pembuatan wedang ronde terdiri dari kuah jahe yang berisi ronde yang berbentuk bulat-bulat. Wedang ronde adalah salah satu jenis minuman dari Indonesia.

Minuman ini termasuk jenis minuman herba tradisional. Wedang ronde dibuat sebagai minuman panas dan masuk kategori minuman panas yang memiliki isi. Ciri-ciri yang utama adalah berbentuk bola yang berbahan kacang-kacangan dan tepung beras dalam air panas yang terbuat dari jahe.


Resep minuman hangat wedang ronde komplit


Bahan ronde: 
150 gram tepung ketan putih 
1/4 sdt garam 135 ml air hangat 
2 tetes pewarna hijau tua 
2 tetes pewarna merah cabai 
50 gram kacang tanah kupas, sangrai 
25 gram gula pasir 
1/8 sdt garam 


Bahan sirup jahe:
2 liter air 
400 gram gula pasir 
400 gram jahe, bakar dan memarkan 
1 sdt garam 
4 lembar daun pandan 
6 batang serai, memarkan


Bahan pelengkap:
200 gram kolang-kaling, rebus dan iris 
3 roti tawar tanpa kulit, potong dadu 
25 gram sagu mutiara merah, rebus 
1 kaleng (200 gram) lengkeng, tiriskan


Cara membuat wedang ronde komplet:

1. Pertama membuat Ronde
 blender kacang tanah sangrai selagi hangat, tambahkan gula pasir, dan garam. Bentuk menjadi bulatan kecil. Sisihkan.

2. Siapkan wadah, campur tepung ketan dan garam. Aduk rata. Sembari adonan diuleni, masukkan air hangat sedikit demi sedikit. Uleni adonan sampai kalis.

3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Beri pewarna merah pada satu adonan, lainnya teteskan pewarna hijau, satunya lagi tidak usah diberi pewarna. Uleni masing-masing adonan sampai warna tercampur.

4. Ambil sedikit adonan ronde. Pipihkan, beri campuran kacang tanah. Tutup dan bentuk bulat.

5. Tuangkan air pada panci, rebus sampai mendidih. Masukkan ronde. Biarkan sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.

6. Untuk membuat Sirup jahe
masukkan air, gula pasir, jahe, daun pandan, dan serai ke panci. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan aromanya harum.

7. Masukkan ronde ke mangkuk. Tambahkan sagu mutiara, roti tawar, kolang-kaling, dan lengkeng. Tuang sirup jahe secukupnya.

Wedang ronde siap dinikmati selagi hangat, selamat mencoba.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Hujan Mulai Turun, Es Teh Jumbo 3000 End, Saatnya Bersinar Ini Resep Wedang Ronde, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


====
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon