Kenal Lebih Dekat dengan Sutradara Jordan Peele dan Daftar Film Horor Ikoniknya

 


Campusnesia.co.id - Semarang 18/09/2023. Beberapa waktu yang lalu saya nonton sebuah film science fiction bertema alien berjudul NOPE garapan sutradara yang juga dikenal sebagai seorang komedian bernama Jordan Peele.

Dalam film tersebut ditampilkan sosok alien berbentuk UFO tapi penuh plot twist yang membuat khasanah per-alien-nan dan per-ufo-an jadi lebih beragam berkat interpretasi tentang piring terbang ada Jordan Peele.

Selain film Nope, Jordan Peele ternyata juga sudah mensutradarai dua film horor lain berjudul Get Out dan Us, namun saya belum menonton sehingga belum bisa memberi komentar.

Lewat postingan kali ini, kami ingin mengajak pembaca untuk Kenal Lebih Dekat dengan Sutradara Jordan Peele dan Daftar Film Horor Ikoniknya.


Biografi Jordan Peele

Jordan Haworth Peele lahir pada 21 Februari 1979 merupakan seorang aktor, komedian, penulis naskah, produser, dan sutradara Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai komedian dalam serial sketsa Comedy Central Key & Peele dan untuk lima musim dalam serial Mad TV. Pada tahun 2014, ia berperan sebagai aktor dalam serial televisi antologi Fargo dari FX. Film pertamanya sebagai sutradara yang bergenre horor dan berjudul Get Out dirilis pada tahun 2017, menuai pujian dan pendapatan box office.

Jordan Peele lahir di Kota New York, dan dibesarkan oleh ibu tunggalnya, Lucinda Williams, di Upper West Side di Manhattan. Ibunya berkulit putih dan ayahnya berkulit hitam. Ia melanjutkan pendidikannya di P.S. 87, Manhattan dan kuliah di Sarah Lawrence College sebelum dikeluarkan setelah dua tahun untuk membentuk duet komedi dengan rekan asramanya di kuliah dan selanjutnya, membentuk duet komedi dengan penulis naskah Key & Peele Rebecca Drysdale.

Jordan Peele mulai berpacaran dengan Chelsea Peretti sejak tahun 2013. Mereka bertunangan pada bulan November 2015, dan pada bulan April 2016, Chelsea mengumumkan bahwa ia dan Jordan kawin lari pada tanggal yang belum ditentukan.

Pada tanggal 1 Juli 2017, Chelsea melahirkan anak pertama mereka bernama Beaumont Gino Peele.




Daftar Film yang disutradarai oleh Jordan Peele


1. Get Out tahun 2017
Get Out adalah film horor misteri thriller Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Jordan Peele dan diproduseri oleh Jason Blum, Sean McKittrick, Edward H. Hamm Jr. dan Jordan Peele. Naskah film ini ditulis oleh Jordan Peele. Film ini dibintangi oleh Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford, Caleb Landry Jones, Stephen Root, Lakeith Stanfield dan Catherine Keener.


Film Get Out ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 24 Januari 2017 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 2017. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.



2. Us tahun 2019
Us adalah film hantu Amerika Serikat tahun 2019 yang ditulis dan disutradarai oleh Jordan Peele. Film ini dibintangi Lupita Nyong'o, Winston Duke, Shahadi Wright Joseph, Evan Alex, Elisabeth Moss, dan Tim Heidecker. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang berseteru dengan kembaran mereka.


Pembuatan film ini pertama kali diumumkan pada Februari 2018. Pemilihan aktor dilakukan pada awal tahun itu juga. Peele memproduseri film ini bersama Jason Blum dan Sean McKittrick (ketiganya memproduseri Get Out dan BlacKkKlansman) serta Ian Cooper. Pengambilan gambar dilakukan pada bulan Juli sampai Oktober 2018 di California.

Us tayang perdana di South by Southwest pada 8 Maret 2019, lalu dirilis di seluruh Amerika Serikat oleh Universal Pictures pada 22 Maret 2019. Film ini meraup lebih dari $216 juta di seluruh dunia dan mendapat banyak pujian. Kritikus memuji skenario dan gaya penyutradaraan Peele serta musik film dan pemeranan tokohnya.



3. Nope tahun 2022
Nope adalah sebuah film horor fiksi ilmiah neo-western Amerika Serikat tahun 2022. Film ini ditulis, disutradarai dan diproduksi bersama oleh Jordan Peele di bawah produksi Monkeypaw Productions miliknya. Film ini dibintangi oleh Daniel Kaluuya, Keke Palmer, Steven Yeun, Michael Wincott dan Brandon Perea.


Peele secara resmi mengumumkan film penyutradaraan ketiganya yang belum diberi judul pada November 2020. Palmer dan Kaluuya bergabung pada Februari 2021. Yeun dicasting bulan berikutnya, dan Peele mengungkapkan judulnya pada Juli 2021. Syuting berlangsung selama musim gugur 2021 di wilayah utara Los Angeles, dan selesai pada bulan November. Judul film ini dikabarkan merupakan akronim untuk "Not of Planet Earth" atau "Not Our Planet Earth" yang tertulis berdasarkan poster film, tetapi Peele kemudian mengatakan bahwa judul tersebut merujuk pada reaksi yang ia harapkan dari penonton.

Nope ditayangkan perdana di TCL Chinese Theatre di Los Angeles pada 18 Juli 2022, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 22 Juli 2022 oleh Universal Pictures, di Indonesia film ini dirilis pada 17 Agustus 2022. Film ini telah meraup lebih dari $148 juta di seluruh dunia, dan menerima pujian untuk ambisi, penampilan, sinematografi, dan arahannya, meskipun skenario dan temanya mempolarisasi kritik dari penonton.



Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Kenal Lebih Dekat dengan Sutradara Jordan Peele dan Daftar Film Horor Ikoniknya, semoga bermanfaat sampai jumpa.







Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon