Analisis Sederhana Sebab Bisnis Raffi Ahmad Banyak yang Bangkrut

 



Campusnesia.co.id - Semarang 26/09/2023. Ngomongin artis yang tajir melintir, nama Raffi Ahmad harus masuk dalam list tersebut. Ayah dari Rafathar dan Cipung ini dikenal sebagai sultan andara, sudah memulai karir di dunia hiburan sejak masih ramaja hingga kini jadi seorang suami Nagita.

Raffi Farid Ahmad atau yang lebih dikenal dengan Raffi Ahmad merupakan selebriti, pemeran, pembawa acara, penyanyi, pengusaha, selebriti internet, YouTuber, dan produser kelahiran 17 Februari tahun 1987 saat ini berusia usia 36 tahun.

Selain di dunia hiburan, Raffi juga punya banyak bisnis dari kuliner, snack hingga olahraga dengan memiliki klub bola RANS Nusantara FC dan RANS PIK Basketball.

Namun belakangan disebut bahwa banyak bisnis yang dibuat oleh Raffi Ahmad yang gulung tikar. Mengutip akun twitter/X @akunfromkeuangan, tahun 2023 total kekayaan Raffi Ahmad sebesar Rp 400 Milyar. Dari 30an bisnisnya hanya 5-6 yang berhasil. Berikut diantara beberapa bisnis Raffi yang sudah tak ekses lagi:


1. Bakmi RN

2. Mango Bomb

3. Gigieat Cake

4. Nagitoz dan Kingkong Snack


Sebenarnya apa poenyebab banyak bisnis Raffi Ahmad gagal dan bangkrut? menurut penjelasannya setidaknya ada dua sebab utama yaitu:


a. Partner bisnis
Raffi kerap beda pandangan dengan partner bisnisnya sehingga berujung bubar.


b. Produksi
Beberapa produk seperti Mango Bomb terkendala produksi karena buah mangga yang musiman.


Sebagai tambahan menurut saya faktor tren juga mempengaruhi kenapa bisnis Raffi banyak yang bangkrut. Sebut saja saat tren kue artis semua orang penasaran dan ingin mencoba, namun setelah merasakan banyak yang cukup sekali coba saja sudah cukup enggan kembali lagi, bisa jadi karena rasa yang bisa ditemukan di kue lain bisa jadi karena harga yang mungkin terlalu mahal.

Sebab lain bisa jadi karena keputusan yang terlalu impulsif dan spontan tanpa berfikir panjang, kalau dilihat dari berbagai video di channel youtube Rans Entertainment, kita bisa melihat sosok Raffi yang selalu semangat namun kadang terlalu bersemangat akan sesuatu.

Sifat ini bisa membuat pengambilan keputusan tidak didasarkan perhitungan yang baik, demikian juga dalam membuat bisnis, yang penting bikin namun tidak mempertimbangkan perkembangan jangka panjangnya sehingga berujung gulung tikar di tengah jalan.

Terkahir, bisnis Aji Mumpung, faktor ini bisa jadi penyebab, dengan popularitas yang dimiliki oleh Raffi Ahmad, Nagita, Rafathar dan Cipung membuat apapun produk yang dilempar ke pasar mendapat perhatian dari masyarakat. 

Hal seperti ini tidak cukup, harus diikuti dengan kualitas produk yang baik, produksi yang lancar, distribusi, kebelanjutan dll, kalau hanya viral saja sering kali sekali coba orang akan enggan untuk beli lagi dan lagi.


Oke demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Analisis Sederhana Sebab Bisnis Raffi Ahmad Banyak yang Bangkrut, sampai jumpa.


Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon