Sadar Akan Potensi Pemasaran Digital, Mahasiswa Undip Kenalkan Pemasaran Melalui Media Sosial ke Pelaku UMKM Arang Kayu Desa Kamal

  


Campusnesia.co.id - SUKOHARJO – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) telah melakukan langkah kreatif dan edukatif dengan mengenalkan konsep pemasaran digital kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kamal. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang potensi pemasaran melalui media sosial kepada para pengusahan arang kayu local dan membantu mereka memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir, mahasiswa Undip yang terlibat dalam program KKN ini merancang dan melaksanakan serangkaian pelatihan pemasaran digital di Desa Kamal pada Kamis (3/8/2023). Kegiatan dimulai dengan pemaparan mengenai potensi media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif dalam dunia modern. Para pelaku UMKM diajak untuk memahami pentingnya beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta memanfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan WhatsApp untuk mempromosikan produk mereka.

Setelah sesi pemaparan, mahasiswa Undip memberikan panduan praktis mengenai cara membuat dan mengelola akun media sosial bisnis. Para pelaku UMKM diberikan Langkah-langkah praktis, mulai dari mengunggah foto produk yang menarik hingga menarik perhatian pelanggan potensial dengan konten yang relevan. Selain itu, para mahasiswa juga berbagi strategi pemasaran melalui media sosial, seperti penggunaan hastag yang tepat dan cara berinteraksi dengan pelanggan melalui komentar dan pesan pribadi.

Salah seorang mahasiswa KKN, Afrilla Amrina, menjelaskan, “Kami melihat bahwa banyak UMKM di Desa Kamal masih kurang memanfaatkan potensi media sosial dalam pemsaran produk mereka. Dengan pelatihan ini, kamu ingin memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada mereka, sehingga mereka dapat menjadikan media sosial sebagai alat efektif untuk meningkatkan omset bisnis mereka”.

Melalui kolaborasi yang inovatif antara mahasiswa dan masyarakat, program KKN ini berhasil menginspirasi para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis mereka. Diharapkan, upaya ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Desa Kamal dan memberikan contoh positif bagi komunitas lainnya.


Penulis: Afrilla Amrina | Ilmu Komunikasi | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
DPL: Bogi Budi Jayanto, S.Pi., M.Si.
Lokasi: Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon