Peran Mahasiswa Ekonomi Memaksimalkan Potensi UMKM: Melalui Pelatihan Pembukuan Menggunakan Aplikasi Manager.IO

  


Campusnesia.co.id - Desa Sumberagung, Kecamatan Klego (10/8/2023) Kepentingan majunya negara tak terlepas dari meleknya negara akan ekonominya. Tulisan diatas merupakan pesan Joko Widodo selaku Presiden Indonesia mengenai investasi paling berguna adalah berinvestasi dalam sektor UMKM negara Indonesia. 

Oleh karena itu, berlandaskan pesan tersebut, menjadi keyakinan sendiri dan motivasi bagi saya untuk menginvestasikan pengalaman dan ilmu berharga, dalam bentuk pemberian inovasi dan optimalisasi potensi UMKM, hingga UMKM ini punya nilai jual tersendiri serta memiliki pencatatan keuangan yang terintegrasi dengan baik. 

Berdasarkan hasil survei lapangan yang telah dilakukan, salah satu potensi di Desa Sumberagung yaitu keberadaan para pelaku UMKM yang turut serta dalam mendorong perekonomian masyarakat desa. Adapun keberadaan UMKM cenderung didominasi dari sektor produktif kreatif salah satunya UMKM Pembuatan Tas dari Limbah Plastik. 

Namun demikian, kebanyakan para pelaku UMKM di Desa Sumberagung belum melakukan pembukuan keuangan secara terintegrasi dan kebanyakan masih dilakukan secara manual atau bahkan tidak melakukan pembukuan pada usahanya, padahal hal tersebut berisiko untuk kehilangan catatan keuangan usaha.

Berdasarkan permasalahan tersebut salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023, Yusup Nurfaizi (21) dari program studi Ekonomi membawa program “Pelatihan Pembukuan kepada Pelaku UMKM di Desa Sumberagung dengan Menggunakan Aplikasi Manager.IO”. 

Saya titip agar dalam rakornas ini, bisa dipastikan jumlah UMKM kita yang on boarding digital, yang masuk ke market place, yang masuk ke platform digital tahun 2022 ini, harus mencapai target 20 juta minimal, dan meningkat 24 juta di tahun 2023, dan 30 juta 2024. Ini target, kalau semua kerja keras, memiliki keinginan yang sama mencapai target yang telah kita tentukan saya yakin Insya Allah semuanya bisa melakukan,”
- Joko Widodo (Presiden Indonesia ke-7) –

Program ini sejalan dengan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP untuk melaksanakan salah satu dari target Sustainable Development Goals (SDGs) yang terdiri dari 17 tujuan dan 169 target, dengan mempertimbangkan masalah yang terjadi di lapangan. Maka penulis memutuskan untuk mengangkat tema yang berkaitan dengan poin nomor 8 dari tujuan SDGS yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua. 

Tema ini berbicara terkait pentingnya untuk pengembangan potensi UMKM yang nantinya bisa dimaksimalkan melalui optimalisasi Digital Marketing yang membutuhkan bantuan dari generasi muda yang lebih melek digitalisasi serta dilandasi oleh edu cultural tourism yang membuat budaya khas dari Desa Sumberagung semakin dikenal oleh khalayak umum disamping pada sekedar produk UMKM biasa saja. 

Dilandasi oleh tema tersebut, pelaksanaan program, dilakukan mahasiswa selama satu minggu dimulai dari tanggal 28 Juli – 3 Agustus 2023 yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan dan pelatihan pembukuan UMKM menggunakan Aplikasi Manager.IO, dan Tahap evaluasi. 

Mahasiswa menyampaikan teori dan praktik teknis penggunaan aplikasi Manager.IO secara rinci yang disertai dengan pemberian modul. Modul yang diberikan mengenai cara mengoperasikan aplikasi Manager.IO meliputi Meng-Create Persediaan Barang Dagang, Menambah Akun yang dibutuhkan, Menginput Penerimaan dan Pembayaran, Menginput Pemasok, Faktur Pembelian, dan Pelunasan serta Mencetak Laporan Keuangan.



Adapun harapan dari program kerja ini nantinya “Para Pelaku UMKM dapat memahami, mempraktekkan dan cara pembuatan Jurnal, Buku Besar, Neraca Saldo, Worksheet, Buku Besar, dan Laporan Keuangan dari usaha yang dilakukannya”. Ujar Yusup Nurfaizi, dalam reportase program kerjanya.

Adanya program ini, tentunya disambut baik oleh warga Desa Sumberagung dengan harapan pelaku UMKM dapat mengetahui penerimaan dan penjualan dari dagang bulanan secara terperinci. “Semoga dengan adanya program KKN dari teman-teman mahasiswa UNDIP ini, khususnya Pelatihan Pembukuan UMKM dengan Aplikasi Manager.IO di Desa Sumberagung dapat meningkatkan literasi pembukuan yang baik kedepannya bagi para pelaku UMKM di Desa Sumberagung, dan saya selaku pelaku UMKM merasa terbantu dengan adanya pelatihan pembukuan menggunakan aplikasi Manager.IO” ujar Najwa.

Selain itu, saya juga mengirimkan materi kepada para pelaku UMKM via WhatsApp yang diharapkan nantinya materi pelatihan dalam bentuk softfile dapat diteruskan dan disampaikan kepada Masyarakat luas di Desa Sumberagung.


“Banyak orang hebat di dunia, namun yang terpenting adalah ketika
orang hebat bisa menginspirasi orang lain dan membangkitkan semangat UMKM
untuk bisa seperti pengusaha sukses lainnya”
-YUSUP NURFAIZI-




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon