Penguatan Informasi dan pemberdayaan UMKM dengan melakukan Pendataan Kondisi Usaha serta Pendampingan Pengembangan Usaha

 


Campusnesia.co.idDesa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharojo (22/07/2023). Mahasisawa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro (KKN TIM II UNDIP), Dean Agusta Perdana Putra, melakukan program monodisiplin dengan melakukan pendataan terkait kondisi UMKM yang beroprasi di Desa Sanggang..

Ada banyak cara untuk mewujudkan desa mandiri, namun salah satunya dengan adanya proses pengembangan Usaha Mikro Kecil Menegah yang didorong dengan baik. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk meninjau kondisi usaha sehingga nantinya dapat dilakukan pendampingan terkait pengembangan suatu usaha. 

Berdasarkan survei yang dilakukan, UMKM yang beroprasi di Desa Sanggang banyak bergerak pada  bidang kuliner. dengan hal tersebut dilakukan pendampingan terkait peningkatan kualitas, Strategi pemasaran dan penjualan, dan Memperhatikan Tren Pasar dan Pelanggan. 

Hal ini dikarenakan bidang kuliner memiliki peluang yang besar dikarekanakan Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Hal ini dapat menghasilkan keuntungan  jika dapat dikelola dengan baik dan maksimal.

Selain itu dilakukan pendampingan terkait pembentukan identitas suatu merek dan produk sehingga mudah dikenal dalam proses pemasarannya. Dengan melakukan pembentukan logo dan desain kemasaan pada sebuah produk sebelum dipasarkan.

  
Pengembangan pendataan UMKM di Desa Sanggang merupakan langkah awal yang berujuan untuk mempermudah proses pengolahan data dan pembinaan UMKM yang ada di Desa Sanggang. Ketersediaan data UMKM dapat menjadi proses arsip data masyarakat yang dikelola dengan baik dan akurat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon