Menarik! Berawal Dari Lahan Jagung Berakhir Jadi Ladang Ekonomi: Banjir Laba Hasil Panen Jagung Oleh Tim II KKN UNDIP 2023

 


Campusnesia.co.idPecalungan, Batang, Jawa Tengah (09/08/2023)- Desa Pecalungan adalah sebuah desa di Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini merupakan sebuah pemekaran daerah, dengan 10 desa di dalamnya, salah satunya yaitu desa Pecalungan. Desa ini memiliki 6 dukuh, dengan potensi dari sektor pertaniannya yang cukup besar. 

Salah satu komoditas utamanya adalah tanaman jagung. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Batang tahun 2018, Kecamatan Pecalungan memiliki daerah luas panen jagung sejumlah 1.338,40 ha. Dengan jumlah lahan jagung yang besar ini, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan komoditas ini sebaik mungkin dengan pengolahan yang tepat. Sehingga dapat menjadi stimulator pertumbuhan ekonomi masyarakat.  

Kenyataan di lapangan, petani dalam melakukan budidaya jagung kurang memperhatikan proses pasca panennya. Petani cenderung memilih melakukan proses pasca panen secara sederhana yaitu dengan menjual langsung kepada tengkulak dalam bentuk pipil mentah. Hal ini membuat petani tidak memiliki kekuatan pasar yang baik dan sangat berpengaruh terhadap pendapatan petani. 

Salah satu contoh nyata dari tidak optimalnya proses pasca panen di tingkat petani selain penjualan secara mentah adalah tidak diolahnya limbah tongkol jagung. Limbah tongkol jagung merupakan sisa utama dari proses pemipilan jagung sebelum dijual oleh petani. 

Petani beranggapan bahwa tongkol jagung tidak memiliki manfaat sehingga limbah tongkol jagung biasanya hanya dibuang, dimana jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan peningkatan kapasitas produksi. Peningkatan produksi pertanian jagung juga harus diseimbangkan dengan upaya lebih lanjut dalam mengolah biji dan limbah jagung itu sendiri. Metode termudah dalam situasi ini yaitu dengan pengolahan baik biji maupun limbah jagung menjadi produk dengan tujuan meningkatkan nilai jualnya. 

Salah satu produk yang dapat dihasilkan oleh TIM II KKN UNDIP 2023 dari pertanian jagung adalah susu jagung. Susu jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi tinggi antara lain vitamin, serat, mineral, antioksidan, dan asam folat. Banyaknya kandungan nutrisi pada susu jagung membuat susu jagung memiliki kemampuan untuk membantu masalah kesehatan pada tubuh seperti membantu mengatur kadar kolesterol, mendukung pengelolaan berat badan, serta memelihara kesehatan jantung. 

Selain memberikan manfaat gizi bagi konsumen, produksi susu jagung juga membuka peluang bagi petani dan masyarakat desa untuk meningkatkan pendapatan. Produk jagung yang diolah menjadi susu memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding dengan jagung mentah. Proses produksi susu jagung juga menciptakan lapangan kerja lokal sehingga dapat memperluas lapangan pekerjaan di Desa Pecalungan.


Selain adanya susu jagung, hasil panen jagung juga bisa berupa Briket. Briket jagung merupakan bahan bakar padat yang dibuat dari limbah pertanian, khususnya tongkol jagung yang tidak terpakai. Briket jagung menjadi contoh konkret bagaimana limbah pertanian dapat diubah menjadi solusi inovatif untuk masalah energi dan lingkungan. 

Terdapat banyak keunggulan dari briket jagung, salah satu nya yaitu daya tahan nyala pembakaran briket jagung jauh lebih lama (kurang lebih 25 menit) dibanding arang pada umumnya. Dengan terus mengembangkan teknologi dan kesadaran publik, briket jagung memiliki potensi besar untuk mengurangi jejak karbon, memberdayakan masyarakat pedesaan, dan memainkan peran penting dalam transisi menuju masyarakat yang lebih berkelanjutan secara energi. Penggunaan briket jagung dapat memberikan peluang ekonomi tambahan bagi petani dengan mengubah limbah pertanian menjadi sumber pendapatan. 

Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menanamkan pola pikir untuk terus berinovasi pada pengolahan hasil sumber daya alam serta meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam perbaikan kondisi ekonomi. Sehingga, masyarakat dapat menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi wilayah setempat. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon