Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Dasar Psychological First Aid, Atasi Dampak Psikis melalui Pertolongan Pertama Psikologis

 


Campusnesia.co.id - Berbagai macam peristiwa krisis dan mengancam telah atau bahkan sedang terjadi di dunia, seperti perang, bencana alam, kecelakaan, kebakaran, dan kekerasaan interpersonal. 

Peristiwa krisis tersebut tak jarang meninggalkan jejak luka yang mendalam, baik itu dari segi fisik maupun psikologis bagi yang mengalaminya. Kesadaran akan hal tersebut pada masyarakat desa masih sangat rendah dan tak jarang mereka mengabaikan hal tersebut. Padahal kondisi psikologis seseorang yang mengalami peristiwa krisis patut untuk diperhatikan karena tentunya peristiwa tersebut menimbulkan tekanan berat secara psikologis bagi mereka.

Penyampaian Materi oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2023


Oleh karena itu, Naufal Iqyan Subiyakto menyelenggarakan program “Pelatihan Dasar Psychological First Aid”. Program tersebut diberikan kepada ibu-ibu Tim Pendampingan Keluarga Desa Sidorejo yang dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Agustus 2023 di aula Balai Desa Sidorejo.

Program ini dilatarbelakangi oleh sering terjadinya benca alam tanah longsor di Desa Sidorejo dan kurangnya kesadaran masyarakat Desa Sidorejo akan pentingnya kesehatan mental. Berdasarkan latarbelakang tersebut dan juga keterkaitan dengan salah satu tujuan SDG’S yang diusung oleh Universitas Diponegoro pada KKN Tim II tahun 2023 yaitu memastikan hidup sehat dan mempromosikan kesejahteraan bagi semua, maka terciptalah program tersebut.

Pemberian Booklet kepada Tim Pendampinga Keluarga Desa Sidorejo

Pelatihan dilakukan melalui metode prensentasi, praktek, dan pemberian booklet yang berisi materi-materi mengenai kesehatan jiwa, Psychological First Aid, dan praktek relaksasi. 

Dengan adanya pelaksanaan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta pemahaman ibu-ibu Tim Pendampingan Keluarga mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental dan bagaimana melakukan Pertolongan Pertama Psikologis yang baik dan benar, sehingga nantinya diharapkan wawasan dan pemahaman tersebut dapat disebarluaskan kepada seluruh warga Desa Sidorejo.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon