Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Turut Serta Menyongsong Program Cegah Stunting Sejak Kehamilan Ibu Hamil

 
Pemberian edukasi pada ibu hamil


Campusnesia.co.idKLATEN (18/07/2022) – Indonesia menjadi negara yang secara nasional bersama-sama melawan stunting. Berbagai program pemerintah sudah diupayakan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu upayanya adalah Program Pemberdayaan kepada calon-calon ibu yang sedang hamil yaitu Kelas Ibu Hamil.

Kelas ibu Hamil merupakan Kelompok belajar untuk para calon ibu yang membahas tentang kesehatan dan keselamatan bagi ibu hamil dalam mempersiapkan diri menyambut buah hati. Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap dan perilaku ibu agar lebih memahami kembali tentang kehamilan.

Kelas Ibu Hamil diikuti oleh ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan yang bervariasi. Dan kader kesehatan desa serta dibimbing langsung oleh bidan desa. Sasaran Peserta kelas ibu hamil sebaiknya ibu hamil pada umur kehamilan 4 sampai 36 minggu karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat

Kelompok Kelas Ibu Hamil yang terdiri atas 10 ibu dikelola langsung oleh kader kesehatan desa dan bidan desa. Fadlilatur Rif’ah yang merupakan mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 bekerja sama dengan kader kesehatan Desa Troketon, Kec Pedan Kab Klaten memberikan edukasi Kesehatan mengenai Pentingnya ASI Eksklusif dan Senam Ibu Hamil kepada peserta Kelas Ibu Hamil.

Kelas ibu hamil terdiri dalam 4 kali pertemuan dalam satu kali periode. Dan kelas ibu Hamil pertemuan pertama telah dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Agustus 2023 yang bertempat di Balai Desa Troketon. Pertemuan ini dihadiri oleh 10 Peserta kelas ibu hamil, 5 kader kesehatan serta Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro.

Pemberian edukasi dilakukan secara menyeluruh dan terencana, meliputi perubahan fisik dan psikis selama kehamilan, perawatan saat kehamilan, persiapan persalinan, perawatan nifas, rencana KB, hingga perawatan perawatan bayi baru lahir. Dalam memberikan Edukasi tidak hanya sekedar ceramah saja, tetapi juga ada praktik langsung, pelatihan dan pendampingan dilakukan kepada peserta mengenai senam yang aman bagi ibu hamil untuk menjaga ibu tetap sehat dan bugar selama kehamilan. 



Dosen Pembimbing : 
Prof. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng., IPU
Dinalestari Purbawati S.E.,M.Si., Akt. 
Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon