KKN Universitas Diponegoro Sebagai Agen Perubahan: Menggerakkan Digitalisasi demi Pertumbuhan UMKM Lokal (INOVINTIP - Inovasi & Pendampingan Produk Intip)

 


Campusnesia.co.idKlaten, (6/08/2023) - Perkembangan teknologi saat ini sangat dimanfaatkan masyarakat dalam segala aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia bisnis. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu jenis usaha ekonomi yang ada di banyak wilayah, sehingga tidak dapat mengabaikan potensi dan manfaat yang ditawarkan oleh digitalisasi. UMKM perlu mengikuti perkembangan digitalisasi untuk meningkatkan daya saing, memperluas jangkauan pasar, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Di tengah tantangan ini, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Tim II Universitas Diponegoro telah melangkah maju sebagai agen perubahan. Kegiatan yang dilakukan berfokus pada digitalisasi UMKM sebagai program kerja dengan kolaborasi bersama pelaku UMKM Intip di Desa Ngreden salah satunya adalah Ibu Menik. 

Intip merupakan camilan yang berasal dari kerak nasi yang dimasak dalam wadah kuali yang menjadi ciri khas di Desa Ngreden. Penjual Intip memasarkannya pada hari kamis di pinggir jalan Desa Ngreden. KKN kali ini memberikan dukungan nyata bagi pelaku UMKM Intip dalam mengimplementasikan teknologi digital melalui digitalisasi pemasaran produk intip. 


Digitalisasi pemasaran yang dilakukan oleh Tim II KKN Undip adalah dengan pembuatan video iklan yang disebarluaskan melalui media sosial diikuti pembuatan akun Instagram dan sosialisasi mengenai pentingnya manfaat brand kemasan, sertifikat halal, serta keamanan beras dan kerak nasi. 

Dengan adanya Instagram dapat memberikan pelaku UMKM Intip akses ke pasar yang lebih luas tanpa terbatas oleh geografis, sehingga produk Intip dapat dinikmati oleh konsumen dari berbagai penjuru. Walaupun telah mengadopsi teknologi digital, UMKM di Desa Ngreden tetap dapat menjaga ciri khas dan nilai-nilai tradisional dari produk Intip. Hal ini dapat menciptakan diferensiasi yang menarik bagi konsumen yang mencari produk yang otentik dan berkualitas.

Berdasarkan program kerja yang dilakukan, kita akan menyaksikan upaya bersama dalam membangun ekosistem yang mendukung perkembangan UMKM melalui digitalisasi. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi contoh sukses bagi desa-desa lain dalam menerapkan solusi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon