GEMBUNG! Gemar Menabung: Mahasiswa KKN Tim II Undip Memberikan Edukasi Pentingnya Gemar Menabung Sejak Dini

 


Campusnesia.co.idBanjarsari, Pekalongan (26/07/2023) – Dalam era modern ini, di mana gaya konsumtif semakin mendominasi, kebiasaan menabung dapat menjadi tantangan tersendiri. Terlihat fenomena di mana banyak anak usia Sekolah Dasar (SD) yang cenderung malas menabung dan kurang memahami pentingnya mengelola uang dengan baik. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, antara lain keterbatasan akses terhadap edukasi keuangan serta pengaruh dari lingkungan sekitar yang tidak mendukung.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Okky Kusuma Wibowo (20), mahasiswa jurusan Ekonomi Undip yang tergabung dalam KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 melaksanakan program Edukasi Gemar Menabung Menggunakan Celengan Target dengan tujuan meningkatkan kebiasaan gemar menabung sejak dini kepada siswa/i kelas 4 SD N 01 Banjarsari.

 
Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (26/07), di SD N 01 Banjarsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini dimulai dengan penyampaian materi mulai dari apa itu menabung?, bagaimana caranya menabung?, tujuan menabung, manfaat menabung, dan mengapa menggunakan celengan target? sebagai media menabung. Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga memberikan celengan target untuk setiap siswa/i kelas 4 SD N 01 Banjarsari dan mempraktekkan cara penggunaan celengan target yang benar.

Dari kegiatan ini diharapkan siswa/i kelas 4 SD N 01 Banjarsari semakin sadar akan pentingnya menabung, mengelola uang dengan baik, dan terbiasa menabung setiap harinya sesuai dengan target yang telah ditetapkan di celengan tersebut dan dapat mencapai impiannya. Adapun output dari program ini adalah berupa Poster A4 dan Celengan Target yang diberikan kepada setiap siswa/i kelas 4 SD N 01 Banjarsari.



Penulis: Okky Kusuma Wibowo
Dosen Pembimbing: Muhammad Iqbal Fauzan, SP., M.Si
Lokasi: SD N 01 Banjarsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon