Beri Sentuhan Inovasi Produk, Mahasiswa KKN Tim II Undip Memodernisasi Kue Semprong Milik UMKM Desa Kendalsari

 


Campusnesia.co.idKendalsari, 2 Agustus 2023 – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 melakukan pendampingan UMKM Semprong di dusun dua Desa Kendalsari. Salah satu mahasiswa KKN Undip yang berasal dari program studi ekonomi ini mencoba mengembangkan dan menawarkan inovasi variasi produk dari Ulis Semprong. Kegiatan pendampingan dimulai dengan kunjungan langsung ke tempat pembuatan semprong di RT 02/RW 02, Desa Kendalsari. Kunjungan dilakukan sembari diskusi bersama dengan Ibu Ulis selaku pemilik UMKM Semprong mengenai ide variasi baru kue semprong. 

Dwi Ike Rahmawati selaku penggagas program pendampingan menyampaikan bahwa pendampingan ini hadir melihat potensi kue semprong yang banyak diminati masyarakat Desa Kendalsari dan sekitarnya karena rasanya yang gurih serta renyah, apalagi Ulis Semprong memiliki ciri khas taburan wijen sangrai pada adonannya yang semakin menambah cita rasa gurihnya. Perlu adanya pengembangan produk Ulis Semprong agar tetap banyak peminatnya mengingat saat ini sudah muncul produk semprong yang lebih menarik dengan berbagai isian mulai dari abon, selai, dan rasa-rasa yang unik. 
“Agar Ulis Semprong tidak kalah saing, semprong bisa dimodernisasi dengan menambah varian rasa dan packaging yang unik,” tutur Dwi Ike Rahmawati. 

Adapun inovasi yang dikembangkan antara lain menambah varian rasa semprong menjadi tiga jenis yaitu semprong original, semprong chocolate, dan semprong tiramisu. Packaging semprong yang semula hanya menggunakan plastik biasa kemudian divariasi dengan menggunakan toples plastik. Packaging toples memiliki manfaat untuk mencegah semprong tidak mudah remuk. Selain itu, Dwi Ike juga membantu membuatkan logo UMKM Ulis Semprong dan sticker untuk ditempel pada packaging semprong. 




Proses pendampingan UMKM semprong mendapatkan respons yang baik dari Ibu Ulis. Ia menyampaikan bahwa memang sempat ada pesanan semprong dengan ditambah varian rasa, namun belum bisa dipenuhi karena keterbatasan ide untuk mengembangkannya. Harapannya, inovasi produk semprong bisa menambah daya tarik konsumen untuk menikmati kue jadul khas Indonesia ini. 

“Ide inovasi ini membantu saya dalam pengembangan produk Ulis Semprong. Apalagi ide packaging dengan menggunakan toples sangat bagus, mengingat terkadang kami mendapat pesanan semprong untuk dibawa ke luar kota dan kerap kali remuk ketika sampai tujuan. Jika dibungkus toples kan jadi lebih aman, apalagi sudah dibuatkan sticker yang bagus untuk ditempel di toplesnya,” tambah ibu Ulis. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon