Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Ibu Rumah Tangga untuk Bijak Kelola Keuangan Keluarga

 


Campusnesia.co.idPemalang, 15 Agustus 2023 – Maraknya kasus korban pinjaman online ilegal di tengah masyarakat membuat mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk beri edukasi pengelolaan keuangan keluarga di Desa Kendalsari. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program keilmuan mahasiswa KKN Undip dari prodi ekonomi. Dwi Ike selaku penggagas program menyampaikan bahwa masyarakat khususnya ibu rumah tangga perlu diberi edukasi bagaimana cara mengelola keuangan yang baik agar tidak menjadi korban pinjaman online ilegal yang berbahaya. 

“Edukasi ini bertujuan supaya masyarakat mau belajar mengenai literasi keuangan yang baik khususnya ibu rumah tangga yang pada umumnya memiliki peranan utama dalam mengatur keuangan keluarga,” tambah Dwi Ike. 

Kegiatan edukasi dilakukan pada Hari Minggu, 6 Agustus 2023 bertempat di RT 03/RW 02 Desa Kendalsari, dan dihadiri 20 ibu rumah tangga. Metode edukasi yang diberikan meliputi pemaparan materi mengenai pengelolaan keuangan keluarga, simulasi perhitungan alokasi pendapatan dan pengeluaran keluarga, kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pada ahir kegiatan, masyarkat juga antusias untuk melakukan konsultasi keuangan keluarga salah satunya tentang bagaimana cara menabung yang efektif agar tidak terkena pinjaman ilegal di saat membutuhkan dana darurat. 

Adanya kegiatan edukasi tentang keuangan diharapkan mampu meningkatkan literasi masyarakat di bidang keuangan. Ibu Kades Kendalsari yang hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi materi yang disampaikan. Ia mengatakan bahwa masyarakat masih awam tentang literasi keuangan, produk-produk keuangan apalagi keuangan digital sehingga rawan menjadi korban penipuan keuangan. 

“Saya apresiasi materi yang disampaikan sederhana dan tidak membosankan karena diselingi candaan sehingga ibu-ibu bisa lebih paham. Ahir materi juga ada sesi diskusi dimana bisa membuka wawasan baru dan pandangan baru mengenai pengelolaan keuangan keluarga. Semoga kegiatan ini bisa membuat masyarakat lebih bijak mengambil keputusan dalam keuangan keluarga,” tutur Ibu Kades Kendalsari. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon