Cegah Stunting dan Tingkatkan IQ pada Balita! Mahasiswa KKN Ajak Gemar Makan Ikan




Campusnesia.co.id - Stunting adalah kondisi dimana anak memiliki tinggi dan ukuran badan dibawah rata-rata anak seusianya. Hal ini dapat disebabkan akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan. Dampak stunting yaitu menyebabkan gagal tumbuh pada anak serta menghambat pertumbuhan kognitif dan motorik.

Sebagai upaya menekan angka stunting anak di Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan membentuk program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) pada tahun 2024, dengan tujuan untuk mengkampanyekan pentingnya makan ikan terutama untuk pencegahan stunting dan meningkatkan kecerdasan otak.

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Tak hanya itu, ikan sebagai sumber protein tinggi ini mudah diperoleh dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan daging. Seekor ikan banyak sekali mengandung zat gizi seperti vitamin, lemak dan mineral. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan sejak dini. 

Melalui sosialiasi GEMARIKAN yang dilaksanakan oleh salah satu mahasiswi Tim II KKN Universitas Diponegoro (Dehannisa Yunia Rahmasari, Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan) pada Senin, 31 Juli 2023 diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pada Ibu Balita tentang pentingnya pemberian protein ikan untuk anak sekaligus memperkenalkan menu hidangan berbahan dasar ikan yang lebih menarik seperti nugget, kaki naga, lumpia ikan, bakso ikan, dan abon ikan.

 


Sosialisasi dilakukan di Kelas Ibu Balita dengan memberikan poster berisi informasi yang meliputi pentingnya menjaga pola makan pada anak, kandungan gizi pada ikan, manfaat mengonsumsi ikan bagi ibu menyusui, meningkatkan IQ anak dengan mengonsumsi ikan, dan penjelasan piramida gizi seimbang.


Penulis: Dehannisa Yunia Rahmasari
DPL: Muhammad Iqbal Fauzan S.P., M.Si.
Lokasi : Balai Desa Banjarsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon