Budidaya Ikan Lele yang Murah Meriah dan Efisien dengan BUDIKDAMBER

 


Campusnesia.co.idPekalongan (28/07/2023) - Ikan lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan karena cara pembudidayaannya yang sangat mudah. Hal ini dikarenakan ikan lele memiliki tingkat toleransi kualitas perairan yang tinggi dan memiliki durasi pertumbuhan yang cepat sehinggga cepat panen. 

Sebagian besar masyarakat membudidayakan ikan lele dengan menggunakan kolam. Pembuatan kolam membutuhkan lebih banyak lahan dan biaya, sehingga muncul inovasi metode budidaya ikan di dalam ember atau biasa dikenal sebagai BUDIKDAMBER sebagai solusi yang tepat karena tidak membutuhkan banyak lahan dan lebih hemat air serta biaya. BUDIKDAMBER ini juga direkomendasikan untuk pembudidaya pemula agar lebih menekan kerugian jika terjadi gagal panen.

Oleh sebab itu, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023, Dehannisa Yunia Rahmasari dari Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan melakukan sosialisasi BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan di Dalam Ember) bersama anggota Karang Taruna di Balai Desa Banjarsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

Dalam pelaksanaannya, anggota Karang Taruna Desa Banjarsari diperkenalkan dengan cara pembudidayaan dengan menggunakan metode BUDIKDAMBER dan apa saja manfaat dari metode tersebut.
 

BUDIKDAMBER ini dapat dijadian peluang bagi perikanan yang dapat dimanfaatkan sebagai konsumsi pribadi atau dijual untuk meningkatkan perekonomian warga desa, mengingat Desa Banjarsari belum memiliki banyak pembudidaya ikan. 

“Melalui sosialisasi BUDIKDAMBER ini diharapkan para warga dapat mulai menekuni metode ini karena metode ini terlihat mudah dan murah, sehingga patut dicoba untuk pemula. Selain itu, diharapkan ikan lele hasil BUDIKDAMBER ini dapat menjadi potensi desa yang baru” ucap bapak Amat Urip selaku ketua Karang Taruna Desa Banjarsari.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon