Mahasiswa Agribisnis Bantu Pemberdayaan UMKM Pertanian di Desa Gondanglegi, Boyolali

 


Campusnesia.co.idBoyolali, 30 Juli 2023 - Sebuah program inovatif dalam bidang agribisnis telah dilaksanakan oleh mahasiswa Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro dengan tujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor pertanian. Program ini diberi judul "Pendampingan Pelaku UMKM Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan (HPP) melalui Karang Taruna." Acara berlangsung dengan sukses pada tanggal 30 Juli 2023, dihadiri oleh 12 pemuda dari Karang Taruna.

Wilayah yang menjadi pusat program ini adalah Desa Gondanglegi, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Desa ini dikenal memiliki potensi pertanian dalam produksi kripik pisang. UMKM kripik pisang yang diberdayakan dalam program ini adalah milik Ibu Saliyem, seorang pelaku usaha lokal yang telah lama berkecimpung dalam industri ini.

Program pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelaku UMKM mengenai perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan (HPP). Untuk me njaga keberlanjutan, program ini berfokus pada karang taruna dan bukan pemilik UMKM. Nantinya Karang taruna akan menjadi kader dan melanjutkan edukasi ini pada UMKM lain di Desa Gondanglegi. 

Dalam acara tersebut, Sekar Ayu sebagai pemateri memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Materi yang disampaikan meliputi jenis biaya, konsep dasar perhitungan HPP, serta penerapan dalam praktik bisnis kripik pisang. Para peserta didorong untuk memahami komponen biaya yang terlibat dalam produksi, termasuk bahan baku, tenaga kerja, biaya operasional, dan lain-lain.

Program "Pendampingan Pelaku UMKM Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan (HPP) Melalui Karang Taruna" ini telah menunjukkan kontribusi yang berarti dalam pemberdayaan UMKM di wilayah Desa Gondanglegi. Diharapkan program ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi upaya pengembangan UMKM di sektor pertanian di berbagai daerah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon