Bantu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik! Mahasiswa KKN Undip Membuatkan Kotak Aspirasi Publik

 


Campusnesia.co.id Desa Kalangan, Pedan, Klaten (02/08/2023) - Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik (Good Governance), maka perlu adanya hubungan yang baik antara masyarakat dengan para perangkat daerah. 

Oleh karena itu, Retha Pramesti selaku salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2023 yang berasal dari program studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik membuat program kerja dengan judul “Pembuatan Kotak Aspirasi Publik Untuk Desa Kalangan”.

Program kerja monodisiplin yaitu Pembuatan Kotak Aspirasi Publik Untuk Desa Kalangan dibuat dengan tujuan supaya kotak aspirasi publik dapat menampung seluruh aspirasi baik itu kritik, saran, keluhan, dan pesan terkait fakta-fakta yang disampaikan oleh masyarakat Desa Kalangan, Kecamatan Pedan. 

Program kerja monodisiplin ini sangat dibutuhkan untuk Desa Kalangan karena di Kantor Desa Kalangan memang masih belum difasilitasi dengan kotak aspirasi publik. Sehingga Kepala Desa Kalangan yaitu Bapak Ratno Widodo telah mendukung dan menyetujui program kerja keilmuan (monodisiplin) yang akan dilaksanakan ini. Setelah kotak aspirasi publik selesai dibuat maka selanjutnya kotak ini diserahkan kepada Kepala Desa Kalangan suapaya dapat ditempatkan di Kantor Balai Desa. 

Selain kotak aspirasi, dibuat juga poster mengenai tata cara pelaksanaan dan penyampaian aspirasi publik yang baik dan benar. Maka masyarakat dapat menyampaikan aspirasi mereka sesuai dengan tata cara penyampaian aspirasi. 

Setelah aspirasi sudah dituliskan oleh masyarakat, maka aspirasi ini akan disampaikan kepada pemerintah daerah Desa Kalangan. 
Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dapat dijadikan sebagai bahan representasi pemerintah daerah Desa Kalangan dalam bertindak dan bersikap. 

Sehingga dengan kedatangan mahasiswa KKN Undip, beliau mengharapkan adanya suatu perubahan atau inovasi yang baru bagi Desa Kalangan. Inovasi baru yang dibuat yaitu ‘kotak aspirasi publik’ diharapkan dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Kalangan.


Penulis : 
Retha Pramesti 
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan :
1. Prof. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto., ST., M.Eng., IPU
2. Dinalestari Purbawati., SE., M.Si., Akt
3. Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.

Lokasi KKN : 
Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon