Mengenal Sosial Media Threads Pesaing Twitter Buatan Mark Zuckerberg Pemilik Facebook dan Instagram

 


Campusnesia.co.id - Setelah Mastodon kini hadir sosial media baru yang disebut-sebut bakal jadi saingan berat Twitter. Tak tanggung-tanggung sosial media baru bernama Thread dibesut oleh Mark Zuckerberg yang sukses dengan Facebook, akuisisi Instagram, Whatsapp hingga Zoom.

Secara sekilas, tampilan Thread mirip dengan twitter dan instagram. Bagi pengguna instagram juga bisa lebih mudah membuat akun dengan nama yang sama. 

Pengguna Twitter beramai-ramai pindah ke Thread karena merasa Twitter di tangan Elon Musk gak se-asik dulu dengan kebijakan Centang Biru Berbayar, Pembatasan melihat twit atau limit twit harian dan lain sebagainya.

Sebenarnya apa itu Thread? yuk kita bahas lebih jauh.

Instagram telah meluncurkan aplikasi microblogging barunya, Threads, di 100 negara, termasuk India. Mirip dengan Twitter, Utas menampilkan posting teks pendek dengan maksimal 500 karakter yang dapat menyertakan tautan, foto, dan video hingga lima menit. Aplikasi tidak menyertakan perpesanan langsung.

Aplikasi utas untuk Android dan iPhone. Unduh aplikasi Threads dari App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android). Setelah aplikasi diinstal, ketuk untuk membukanya.

Mengutip laman Liputan6.com, aplikasi Thread sudah bisa diunduh dan dijajal di Indonesia sejak Kamis (6/7/2023) pagi. Baik pengguna Android ataupun iOS, bisa mencoba aplikasi tersebut.

Setelah mengunduh Threads, pengguna akan menemukan halaman pembuatan akun. Namun, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus repot membuat akun, yaitu dengan cara mengimpor informasi akun yang tersimpan di Instagram.

Pengguna bisa langsung memasukkan nama akun, username, informasi bio, hingga tautan ke aplikasi ini. Hal ini cukup menghemat waktu karena pengguna tak perlu mengisi kembali informasi dan data yang diperlukan untuk membuat akun Threads baru.

Hal tersebut sesuai dengan slogan yang ditampilkan dalam aplikasi ini, yaitu 'Threads, an Instagram app'. Setelah berhasil masuk, pengguna bisa mengikuti atau menfollow beberapa teman di Instagram yang telah memiliki akun Threads.

Secara tampilan, aplikasi Threads memiliki dominasi warna hitam dan putih. Aplikasi ini menampilkan beberapa menu pilihan layaknya aplikasi media sosial lain, seperti 'Home', 'Search', 'New Thread', 'Activity', dan 'Profile'. Untuk ikon yang ditampilkan, aplikasi ini memiliki kemiripan dengan ikon kotak dengan bulatan kecil di tengah pada Instagram.

Pada menu 'Home', aplikasi Threads memiliki tampilan teks saja, layaknya Twitter. Jika Twitter didominasi warna biru, maka Threads didominasi warna hitam dengan teks dan kumpulan ikon berwarna putih atau sebaliknya. Tampilan pada Threads tersebut mengikuti pengaturan ponsel yang menggunakan mode gelap atau mode terang.

Sementara itu, pada bagian 'Profile' terdapat pilihan 'Threads' dan 'Replies'. Artinya, aplikasi Threads akan lebih banyak menampilkan teks dan komentar berupa teks, layaknya Twitter.

Kehadiran aplikasi Threads juga banyak diperbincangkan oleh para pengguna Twitter. Banyak yang penasaran dan mencoba membuat akun, tetapi tak sedikit pula yang memilih untuk tetap tinggal bersama aplikasi burung biru, Twitter.



sumber: https://www.liputan6.com/regional/read/5337674/mark-zuckerberg-buat-aplikasi-threads-yang-mirip-twitter-apa-itu


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon